Buntut Kursi Panas Sekda Bandung, Benny Gugat Oded

Buntut Kursi Panas Sekda Bandung, Benny Gugat Oded

INILAH, Bandung – Benny Bachtiar menggugat Wali Kota Bandung Oded M Danial. Oded digugat lewat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) lantaran melantik Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung. 

Pendaftaran gugatan itu dilakukan Benny Bachtiar didampingi kuasa hukumnya Wahyu Setiadi. Benny mengaku gugatan dilakukan bukan karena gila jabatan Sekda.  Tapi karena adanya ketidak patuhan dari  walikota Bandung. 

"Padahal saya sendiri jauh-jauh hari sudah mengantongi SK dari Mendagri. Penegakan aturan harus disikapi bersama karena kabupaten/kota ini bagian dari NKRI yang notabene hak utama otoritas ada di presiden, jadi apapun aturan dari tingkat atas harus dipatuhi di bawahnya," katanya.

Benny berharap kejadian ini tidak terulang di kota lain. Dalam proses open bidding dia ikuti prosesnya hingga ke gubernur. Sehubungan proses pilkada, enam bulan sesudah dan sebelum tidak boleh rotasi kecuali ada izin dari kemendagri. 

Sementara itu, kuasa hukum Benny Bachtiar menyatakan gugatan yang didaftarkannya merupakan obyek sengketa adalah SK Walikota mengenai Pelantikan Ema Sumarna sebagai sekda kota Bandung.

"Kami melihat SK itu cacat formal karena tidak memenuhi surat rekomendasi kemendagri dan juga surat rekomendasi dari aparatur negara. Jadi cacat hukum makanya saya gugat ke PTUN," katanya. (ahmad sayuti)