ASN Purwakarta Boleh Pakai Mobdin Saat Lebaran, Tapi...

ASN Purwakarta Boleh Pakai Mobdin Saat Lebaran, Tapi...
Ilustrasi/Net

INILAH, Purwakarta - Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemkab Purwakarta, diperbolehkan menggunakan kendaraan dinas saat lebaran nanti. Tapi, kendaraan tersebut hanya boleh digunakan untuk bersilaturahmi di dalam kota saja.

"Kalau dipakai untuk di sekitar Purwakarta saja sih dipersilahkan. Asal jangan digunakan untuk mudik keluar kota," ujar Sektretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana kepada INILAH, Kamis (23/5/2019).

Pihaknya berharap, seluruh pegawai yang mendapatkan inventaris kendaraan dinas dari negara supaya bisa menaati aturan itu. Kalau untuk mudik, pihaknya mengimbau supaya pakai kendaraan lain saja.

Dalam hal ini, pihaknya tak lain merujuk pada instruksi dari pemerintah dan imbauan KPK. Larangan ini, akan disosialisasikan melalui surat edaran.  "Kami ikuti arahan dari pusat," kata dia.

Menurut iyus, pelarangan penggunaan mobdin untuk mudik merupakan anjuran dari KPK. Sedangkan terkait aturan atau kebijakan banyak daerah yang melarang serta mengizinkan penggunaan mobil dinas, Iyus mengatakan hal tersebut tergantung kebijakan daerah sendiri.

"Kalau di kami, ya silahkan saja pakai. Tapi kan harus penuhi syaratnya ya, yaitu hanya boleh digunakan di dalam wilayah Purwakarta saja," tambah dia. 

Terkait jumlah kendaraan dinas yang ada di lingkungan Pemkab Purwakarta, menurut dia, kurang lebih sekitar 3.000 unit. Terdiri dari 400 unit kendaraan roda empat. Sisanya, 2.600 unit merupakan kendaraan roda dua. (Asep Mulyana)