Pemkot Bogor Segera Buat Perwali Batas Wilayah Kelurahan

Pemkot Bogor Segera Buat Perwali Batas Wilayah Kelurahan
(Rizki Maulidi)

INILAH, Bogor- Pemkot Bogor segera menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait batas kelurahan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat usai Ekspose Akhir dan Finalisasi Penegasan Batas Kelurahan Kota Bogor di Paseban Punta, Balai Kota Bogor pada Kamis (23/05/2019) pagi WIB.

Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menyampaikan apresiasinya kepada Badan Informasi Geospasial (BIG). Itu karena dalam satu bulan ini, BIG mampu menuntaskan tugasnya terkait penegasan batas kelurahan di Kota Bogor.

"Luar biasa. Atas nama Pemerintah Kota Bogor mengucapkan terima kasih atas komitmen BIG yang membantu dalam pembuatan peta batas kelurahan," ungkap Ade.

Ade menjelaskan, batas bagi suatu wilayah sangat diperlukan karena akan berpengaruh dalam pembuatan kebijakan. Dengan adanya peta batas kelurahan, maka ada kepastian batas wilayah yang juga akan berpengaruh pada aspek yang lainnya, salah satunya aspek sosial.

"Menindaklanjuti rekomendasi BIG, kedepan peta batas wilayah yang sudah ada akan dilengkapi dengan produk hukum berupa  Perwali guna kepentingan persoalan hukum maupun yang lainnya," tambahnya.

Sementara, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama BIG, Wiwin Ambarwulan menuturkan, BIG sangat senang dapat membantu Pemkot Bogor menyelesaikan penegasan batas wilayahnya. Dokumen yang ada diharapkan diperkuat dengan regulasi dalam bentuk Perwali sehingga menjadi batas yang definitif.

"Masih adanya kendala di lapangan diantaranya ada beberapa patok yang masuk wilayah lain maupun persoalan kecil lainnya, saya yakin ada solusi antar pimpinan daerah," ujar Wiwin didampingi Kepala Bidang Pemetaan Batas Administrasi BIG, Eko Artanto.

Kegiatan ekspose dirangkai dengan Penandatanganan Berita Acara Fan Peta Kerja oleh para Camat dan Lurah se Kota Bogor. Hadir dalam acara Asisten Pemerintahan (Aspem) Hanafi, 68 lurah dan enam camat SeKota Bogor. (Rizki Mauludi)