Ribuan Serdadu AS Mungkin ke Timteng

Ribuan Serdadu AS Mungkin ke Timteng
Foto: Net

INILAH, Washington DC--Pentagon bersiap untuk memberi pemaparan kepada Gedung Putih tentang kemungkinan mengirim ribuan pasukan AS ke Timur Tengah, di tengah ketegangan yang meningkat antara Iran dan Washington.

Permintaan tambahan pasukan berasal dari Komando Sentral AS dan akan dipresentasikan kepada Gedung Putih pada Kamis (23/5/2019) waktu setempat. Tetapi tidak jelas apakah Gedung Putih akan menyetujui pengiriman itu atau hanya sebagian pasukan yang diminta, serta juga tambahan misil Patriot dan lebih banyak kapal.

Pentagon menolak berkomentar tentang rencana ke depan.

"Kebijakan kami adalah kami tidak membahas atau berspekulasi tentang rencana di masa depan dan permintaan akan tambahan pasukan," demikian kata Komandan Rebecca Rebarich, juru bicara Pentagon pada Rabu (22/5).

Ketegangan antara Teheran dan Washington semakin meningkat sejak Presiden Donald Trump memutuskan untuk memangkas peluang Iran untuk mengekspor minyak, serta meningkatkan kehadiran pasukan AS di Teluk sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya adalah ancaman Iran.

Meskipun retorika memanas ini, minggu lalu Trump memberi tahu Pejabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan bahwa dia tidak bermaksud memulai perang dengan Iran. (INILAHCOM)