PLN Siaga Listrik Lebaran

PLN Siaga Listrik Lebaran
Antara

INILAH, Bandung - Menghadapi Ramadan dan Lebaran 1440 H ini, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar memastikan keandalan pasokan listrik. General Manager PLN UID Jabar Iwan Purwana menegaskan, kesiapsiagaan itu hingga H+7 mendatang.

Menurutnya, peningkatan keandalan pasokan listrik ke seluruh wilayah Jabar itu dilakukan dalam berbagai tindakan. Mulai dari inspeksi jaringan listrik, menyiagakan personel, melakukan pemeliharaan kubikel dan busbar 20 kV Gardu Induk, hingga pemeliharaan penyulang serta menyiapkan material cadangan. 

“Untuk siaga Ramadan ini, PLN UID Jabar menyiapkan 3.017 petugas terdiri dari petugas layanan teknik dan personel siaga. Sarana pendukung yang disiapkan berupa  560 unit kendaraan, 28 buah genset, 18 buah UPS, 92 unit gardu bergerak, dan 9 unit mobil deteksi,” kata Iwan, belum lama ini.

Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan pengecekan jaringan listrik di 27 kabupaten/kota se-Jabar. Terutama, sejumlah jaringan yang menyuplai pasokan listrik untuk 17 wilayah PLN UID Jabar. 

Dia menyebutkan, dalam memeriahkan suasana Ramadan dan Lebaran kali ini PLN memberikan diskon 100% utk penambahan daya rumah ibadah dan diskon sebesar 50% untuk pelanggan rumah tangga. Potongan harga tersebut diakui berlangsung hingga 30 Juni mendatang.

Di bagian lain, Iwan menuturkan pihaknya serentak melaksanakan bakti sosial di wilayah Majalaya dan Sumedang. Aksi sosial itu berupa penyerahan bantuan pembangunan pondok pesantren di kedua wilayah itu sebesar Rp250 juta. Selain itu, bantuan pun diberikan kepada Yayasan Disabilitas Kaki Palsu, ruang kelas baru MTS, ruang kelas baru untuk madrasah, renovasi pesantren di Soreang, dan bantuan rehabilitasi masjid di Banjaran.

Kegiatan yang dibalut dalam rangkaian Safari Ramadan itu rutin dilakukan setiap tahun. Sejumlah bingkisan pun diberikan untuk anak yatim, guru mengaji, dan marbot masjid di Majalaya, Cianjur, dan Sumedang. 

Sedangkan, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang menghadiri pemberian bantuan itu mengapresiasi langkah yang dilakukan PLN UID Jabar.

“Terimakasih kepada PLN yang bekerja keras terus menjaga pasokan listrik sehingga Sumedang terus terang. Apresiasi setinggi-tingginya saya ucapkan kepada PLN, YBM, dan melalui program PLN Pedulinya sehingga memberikan kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat Sumedang,” sebut Dony.

Sementara itu, PLN sebagai bagian dari 40 BUMN menggelar pangan murah Ramadan 1440 H di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebanyak 3.000 warga Desa Ciasem Girang dan Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem berkesempatan mendapatkan paket pangan murah dari PLN.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui 40 perusahaan BUMN menggelar aksi kepedulian sosial bertajuk Pangan Murah Ramadhan 1440 Hijriah serentak di 40 kecamatan di 3 provinsi dari 18-21 Mei 2019. Selama aksi sosial ini satu paket pangan hanya dihargai Rp10 ribu saja dari harga normal sebesar Rp42.500.

Paket pangan murah yang terdiri dari 1 kg beras, 500 gr gula, 250 gr garam, 420 gr sarden, dan 1 liter minyak itu disediakan bagi warga di 16 kecataman di Provinsi DKI Jakarta, 2 kecamatan di Provinsi Banten, dan 22 kecamatan di Propinsi Jawa Barat. Untuk setiap kecamatan disediakan sebanyak 3.000 paket pangan murah. Total terhitung sebanyak 120.000 paket pangan murah yang disediakan BUMN.