Keren...Ramadan, SMAN 13 Berbagi untuk Yatim Piatu

Keren...Ramadan, SMAN 13 Berbagi untuk Yatim Piatu

INILAH, Bandung – Sekolah Menegah Atas (SMAN 13 Bandung) memberi santunan kepada anak yatim piatu Yayasan Rojatul Jannah Al Qolidah sebanyak 50 anak. Dana santunannya berasal dari hasil infak dan sedekah alumnus SMAN 13 Bandung, para siswa, guru serta dari sekolah.

Tema yang diangkat adalah “Dengan Kegiatan Smart Tren Ramadhan Kita Tingkatkan Akhlakul Kharimah Guna Membentuk Manusia Pancasila Yang Bertaqwa”.

Acara ini diisi dengan ceramah, mendatangkan ustaz dari luar sekolah dan diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak yatim. Pelaksanaan kegiatan ini dilangsungkan selama tiga hari, dimulai diperuntukan untuk siswa kelas X. Besoknya diikuti oleh siswa kelas XI.

Pada kegiatan Smart Tren tahun ini materi yang disampaikan yaitu mengenai aqidah, akhlak, kajian Alquran, fiqih yang kaitanya menerangkan bahwa Islam itu adalah agama rahmatan lilalamin, agama yang membawa rahmat bagi segenap alam.

“Sengaja kita padatkan kegiatannya selama satu hari penuh. Saat kelas X melaksanakan kegiatan Smart Tren, maka di waktu bersamaan untuk siswa/i kelas XI melakukan remedial. Begitu juga sebaliknya. Khusus hari ini kelas X dan XI mereka bergabung untuk bersama-sama menjalani kegiatan puncak. Sekaligus penutupan dari rangkaian kegiatan Smart Tren yang dilangsungkan di SMAN 13 Bandung,” papar Kepala SMAN 13 Bandung Udin Saehudin kepada wartawan.

Dia mengatakan, bahwa kegiatan Smart Tren Ramadhan merupakan salah satu program Disdik Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan oleh setiap satuan sekolah (SMA/SMK) dengan waktu yang berbeda-beda.

Salah satu tujuannya untuk meningkatkan akhlakul kharimah peserta didik yang menjadi harapan kami pihak sekolah, juga tentunya para orang tua.

Udin menambahkan, bahwa kegiatan Smart Tren Ramadhan yang dihelat di sekolahnya condong mengenai Amaliah Ramadhan. Di antaranya melaksanakan sholat Dhuha berjamaah, sholat Dzuhur berjamaah dan lainnya.

Dia berharap, akhlak siswanya bisa mewujud seperti akhlakul kharimah serta menjadi anak-anak yang saleh/salehah. (Okky Adiana).