Tak Mau Ketinggalan, Samsung Garap Smartphone Berkamera Zoom 5x

Tak Mau Ketinggalan, Samsung Garap Smartphone Berkamera Zoom 5x

INILAH, Seoul - Tak mau ketinggalan dari sejumlah pabrikan asal Cina, Samsung kabarnya tengah menyiapkan kamera telephoto dengan tingkat zoom 5x di produk smartphone mereka.

Samsung Electro-Mechanics, pemasok komponen elektronik anak usaha Samsung Group, diketahui telah mulai memproduksi modul kamera telephoto dengan tingkat zoom 5x.

Mengutip SamMobile, modul kamera ini menggunakan teknik periskop yang serupa dengan milik para pabrikan smartphone asal Cina supaya ukurannya bisa dibuat ringkas. Alih-alih disusun vertikal, rangkaian lensa telephoto Samsung dibuat horizontal alias menyamping.

Sebuah cermin digunakan untuk membelokkan cahaya dari arah depan agar mengenai sensor penangkap gambar yang diletakkan di bagian samping. Lantaran cara kerjanya yang mirip periskop kapal selam itulah, teknik tersebut dikenal dengan istilah 'periscope camera'.

Dengan ketebalan hanya 5mm, modul kamera telephoto zoom 5x bikinan Samsung pun bisa disisipkan di perangkat smartphne tanpa menonjol di bagian punggung. Belum diketahui smartphone apa yang akan menjadi produk pertama dengan kamera baru Samsung ini.

Meski demikian, leaker ternama Ice Universe telah memberikan sinyalemen bahwa teknologi kamera zoom 5x dari Samsung akan hadir perdana di smartphone model baru yang disiapkan untuk paruh kedua 2019, tapi bukan Galaxy Fold ataupun Galaxy Note 10. (inilah.com)