Pemkab Bandung Targetkan 50 Ribu KIA Tercetak Tahun Ini 

Pemkab Bandung Targetkan 50 Ribu KIA Tercetak Tahun Ini 
Foto; Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan sebanyak 50 ribu anak memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Dengan mengantongi KIA berbagai manfaat bisa diraih anak dan orang tuanya.

Kepala Seksi Identitas Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Asep Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya baru membuka pencetakan KIA setelah Pemilu 2019.

"Kemarin, kami fokus dulu pada pelayanan e-KTP penting sekali untuk pemutakhiran DPT Pemilu 2019. Nah, setelah beres Pemilu itu kami mulai menggarap KIA. Alhamdulilah, sejauh ini antusiasme para orang tua cukup tinggi," kata Asep Jumat (24/5/2019).

Asep menyebutkan, pelayanan penerbitan KIA tersebut baru dilakukan tahun ini. Sejauh ini baru selesai sekitar 600an KIA. Sampai akhir tahun ini, ditargetkan rampung sekitar 50 ribu keping KIA. Kata dia, sampai sejauh ini, manfaat KIA untuk keperluan anak masuk sekolah. Selain itu, Disdukcapil kedepannya akan membuat fungsi lain dari KIA, misalnya pemberian potongan harga untuk tempat tempat wisata edukasi, berbelanja perlengkapan sekolah dan lainnya.

"Target tahun ini bisa mencetak 50.000. Tahun depan ditargetkan bisa mencetak 220.000. Kami juga akan mencoba terobosan baru dengan memberikan manfaat lain dari kartu tersebut," ujarnya.

Dia mengaku tidak khawatir dengan target yang tinggi, karena berbeda dengan KTP-el, pengadaan blanko KIA bersumber dari APBD Kabupaten.

Selain itu, proses input data juga tidak serumit KTP-el. Dipaparkan Asep, KIA tidak harus melakukan perekaman seperti KTP-el, sehingga pemohon tidak harus datang sendiri, karena bisa diwakilkan oleh orang tua.

Pemohon KIA hanya diharuskan mengisi formulir pengajuan. Sayarat yang harus dibawa juga tidak banyak, hanya membawa fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP orang tua, fotokopi Kartu keluarga.

"Anak diatas usia 5 tahun, membawa pas foto berwarna ukuran 2X3 sebanyak dua buah. Kalau anak dibawah 5 tahun tidak harus membawa foto," ujarnya.

Asep melanjutkan, pembuatan KIA bisa dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung, Kantor Kecamatan dan layanan pencatatan data penduduk mobile. (Dani R Nugraha)