RSHS Tetap Buka Layanan Saat Libur Lebaran

RSHS Tetap Buka Layanan Saat Libur Lebaran
Konferensi Pers di RSHS. (Agung Budiana)

INILAH, Bandung - Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) akan tetap melayani pasien saat libur Lebaran 2019, serta mempersiapkan jika ada kejadian luar biasa seperti bencana.

Direktur Utama RSHS dr Nina Susana Dewi mengatakan bentuk layanan di IGD RSHS disiapkan lima dokter spesialis, namun dokter spesialis lain juga bisa dipanggil jika dibutuhkan.

"Ada lima dokter spesialis yang menginap, anestesi, bedah, anak, penyakit dalam, dan obgin. Di luar itu dokter spesialis lain bisa on call," katanya usai Konferensi Pers di RSHS, Jumat (24/5/2019).

Selain itu, jika terjadi kejadian luar biasa seperti bencana, Nina mencontohkan seperti kedatangan pasien sampai 30 orang, akan memperluas pelayanan area IGD.

"Kita akan perluas jika dibutuhkan, dari area IGD sampai triase, kalau tidak cukup juga akan diperluas sampai lobi," ucapnya.

Menurut Nina, jika area IGD diperluas, peralatan juga akan disiapkan dari ruangan, serta perawat juga akan disiapkan.

"Peralatan kita akomodir dari ruangan termasuk perawatnya, nanti perawat ada yang on call juga, bisa didatangkan," katanya.

Selain IGD, RSHS juga mempersiapkan untuk rawat jalan, Nina mengatakan akan membuka empat spesialis, yakni bedah, obgin, anak, dan penyakit dalam.

"Selama libur yang dimulai tanggal 3 Juni juga empat spesialis itu buka, untuk penyakit lain juga dokter spesialisnya on call juga," katanya.

Nina menambahkan saat libur lebaran, kebanyakan yang datang ke RSHS, pasien yang cedera kepala dan gangguan pencernaan.

"Tahun lalu yang banyak ke IGD cedera kepala, selain itu gangguan pencernaan atau maag, ada yang kembung, mual, perih yang disebabkan saat lebaran pola makan yang tidak terjaga, atau akibat makanan yang dihangatkan berulang-ulang," katanya. (Agung Budiana)