604 Siswa SMAN 26 Bandung Khatam Alquran

604 Siswa SMAN 26 Bandung Khatam Alquran
Smart Tren Ramadhan 2019 di SMAN 26 Bandung. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Sebanyak 604 siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN 26) Bandung mengkhatamkan satu mushaf Alquran, menulis 30 Juz dalam waktu 30 menit, pada kegiatan Smart Tren Ramadhan/Sanlat Tahun 2019. Acara ini digelar di kampus sekolah Jalan Sukaluyu 26, Cipadung Cibiru, Kota Bandung.

Selain itu, pada pelaksanaan Smart Tren Ramadhan tersebut terdapat kegiatan literasi, yakni Tadarus Bil Qolam atau membaca Alquran dengan menulis.

Kepala SMAN 26 Bandung, H Solihin, MPd. memaparkan bahwa SMAN 26 Bandung melaksanakan kegiatan Smart Tren Ramadhan 2019 sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat. Dengan mengusung tema “Ramadhan Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Menuju Jabar Juara Lahir dan Batin”.

Sesuai dengan visi Jawa Barat ”Juara Lahir Batin”, yaitu pribadinya tidak hanya tangguh secara akademik saja, tetapi juga memiliki jiwa serta pengamalan agama yang tinggi.

“Pelaksanaan kegiatan Smart Tren Ramadhan di SMAN 26 Bandung ini menggunakan model ajengan masuk sekolah," ujar Solihin.

Materi kegiatannya diisi dengan kegiatan salat wajib berjamaah, salat sunah, tadarus Alquran, kajian kitab Turats (Kitam Kuning), infak, sedekah, bakti sosial, dan tidak ketinggalan ceramah Ramadan.

Ada hal yang spesial dalam kegiatan Smart Tren Ramadhan kali ini, yakni pelaksanaan kegiatan literasi, Tadarus Bil Qolam atau membaca Alquran dan menulis dengan metode follow the line yang dilakukan oleh siswa dan siswi SMAN 26 Bandung.

“Kami berharap apa-apa yang telah didapat oleh siswa khususnya dari kegiatan Smart Tren Ramandhan ini bisa dijadikan kebiasaan mereka, untuk bisa diamalkan setiap hari sehingga terbentuk karakter yang berakhlak mulia,” pungkas Solihin.

Panitia Pelaksana, Yayan Safiana menambahkan, secara teknis pelaksanaan membaca dan menulis Alquran yang dihelat SMAN 26 bekerja sama dengan lembaga luar.

“Kita menyediakan lembaran dari Alquran sebanyak 600 lebih halaman. Setiap anak diberi satu lembar halaman Alquran dan sebenarnya ini tidak menulis murni karena tiap lembarnya sudah ada tulisan tipis. Sehingga dalam waktu 30 menit telah terkumpul sebanyak 30 juz. Setelah jadi kita akan jilid, maka kita akan punya satu mushaf Alquran," tambahnya. (Okky Adiana)