BJB Siapkan Dana Rp9,17 Triliun

BJB Siapkan Dana Rp9,17 Triliun
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Serupa dengan tahun sebelumnya, kebutuhan dana masyarakat menjelang Idul Fitri 1440 H ini diperkirakan melonjak. Guna mengantisipasi hal itu, BJB menyiapkan dana likuiditas mencapai Rp9,17 triliun.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB M As’adi Budiman mengatakan, total dana tersebut akan didistribusikan ke seluruh jaringan di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H yang dikeluarkan untuk kebutuhan operasional.

“Pada Lebaran tahun ini, kita menyiapkan dana sebanyak Rp9,17 triliun. Distribusi likuiditas itu dilakukan secara bertahap dan berfokus pada kota tujuan mudik,” kata As’adi, akhir pekan lalu.
Dia menuturkan, pihaknya pun menerima layanan penukaran uang selama bulan Ramadan di seluruh jaringan se-antero Nusantara. 
Selain itu, BJB Kantor Cabang Pembantu Pemkot Bandung pun bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar untuk secara khusus melayani penukaran uang.

Untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, sejumlah kantor cabang pun ditunjuk untuk melayani penukaran uang. Yakni, Kantor Cabang Daan Mogot, Gajah Mada, Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus Jakarta, Kebayoran Baru, Rasuna Said, Rawamangun, S Parman, Saharjo, dan Tangerang Selatan.

As’adi menyebutkan, untuk menyesuaikan layanan selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri itu BJB akan tetap membuka kegiatan operasional di luar hari kerja operasional. Tepatnya, pada 1, 2, 3, 4, dan 7 Juni 2019 mendatang. Cakupan pelayanan yang dilakukan yakni untuk transaksi setor tunai, tarik tunai, angsuran kredit, dan customer request.

Pada 1 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 120 jaringan kantor yang tersebar di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, Kota Bandar Lampung, Kota Palembang, Kota Batam Kota Pekanbaru, Kota Medan, Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Banjarmasin.

Sedangkan, pada 2 Juni pelayanan kepada nasabah dibuka di 24 jaringan kantor BJB yang ada di beberapa daerah. Di antaranya Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung , Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran. 

Selain itu, pada tanggal yang sama juga dilaksanakan layanan weekend banking yang dilaksanakan Kantor Cabang Buah Batu Bandung, Kantor Cabang Pembantu Sudirman Bogor, Kantor Cabang Pembantu HZ Mustofa Tasikmalaya, KCP Gunungsari Cirebon, Kantor Cabang Khusus Banten Serang, dan Kantor Kas ITC BSD Tangsel.

Pada 3 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 132 jaringan kantor yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Pada 4 Juni, pelayanan hanya dilakukan di tiga jaringan kantor yaitu Kantor Cabang Buah Batu Bandung, Kantor Cabang Suci Bandung dan Kantor Cabang Tangerang Selatan.

“Terakhir, pada 7 Juni pelayanan hanya dilakukan di tiga jaringan kantor yaitu Kantor Cabang Pembantu Asia Afrika Bandung, Kantor Cabang Sukajadi Bandung dan Kantor Cabang Khusus Banten Serang,” tambahnya.

Tak hanya melalui transaksi operasional, nasabah bisa menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti ATM, BJB NET, BJB SMS, BJB EDC (BJB DIGI).

Loading...