Tiga Platform Startup Donasi Digital Rp5 Miliar

Tiga Platform Startup Donasi Digital Rp5 Miliar
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung  - Untuk kali pertama, Ovo, Grab, dan Tokopedia terlibat dalam kolaborasi menebar kebaikan. Pada Ramadan kali ini, ketiga platform startup itu mengumpulkan donasi digital untuk nantinya diserahkan kepada yang berhak.

Direktur Ovo Johnny Widodo mengatakan, kegiatan yang bertajuk “Patungan untuk Berbagi” ini dibuka hingga 6 Juni mendatang. Hingga saat ini, donasi yang dikumpulkan mencapai lebih dari Rp5 miliar.

“Dana sebesar Rp5 miliar lebih itu kita fokuskan untuk bantuan pendidikan. Donasi itu ditujukan untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak yatim piatu di Tanah Air yang difasilitasi Rumah Yatim sebagai penyalur donasi,” kata Johnny saat Festival Patungan untuk Berbagi di Bandung, Minggu (26/5/2019).

Vice President of Regional Growth Expansion Tokopedia Indra Yonathan menyebutkan, program donasi ini serentak dilakukan di delapan kota besar se-Indonesia. Yakni, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar.

Dia mengaku, kolaborasi yang dijalin itu merupakan permulaan. Ke depan, tidak mustahil kolaborasi tersebut akan menjangkau hal yang lebih besar. Intinya, ketiga platform startup digital itu mengajak dan mendorong semangat berbagi .

“Selama festival berlangsung, para pengunjung bisa kbekontribusi meng=yumbang dengan memindai QR code yang tersedia. Kini, dengan digitalisasi itu urusan sumbang-menyumbang bisa lebih mudah dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Area West & East Java Grab Indonesia Yose Arizal menyebutkan program ini merupakan bentuk perluasan kebaikan melalui kanal digitak yang saat ini menjadi tren masyarakat.

Kolaborasi tiga perusahaan teknologi ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi pada terciptanya perekonomian yang lebih baik. Salah satunya dengan memutus rantai kemiskinan melalui berdonasi untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan.

“Kerja sama tiga ekosistem digital terbesar di Indonesia ini diharapkan mampu menggarisbawahi pemanfaatan teknomogi untuk kebaikan,” ucapnya.

Dari pantauan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya Kamil menyaksikan penyerahan donasi secara simbolis. Pada saat itu pun mereka berasama-sama berbuka puasa bersama 500 anak yatim di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.