Oded Bicara Soal Manusia Silver, Apa Katanya?

Oded Bicara Soal Manusia Silver, Apa Katanya?
Modus yang biasa dilakukan oleh sebagian besar manusia silver yang beraksi di Bandung yakni dengan membawa sebuah kotak kardus bertuliskan peduli yatim piatu. Mereka kemudian mendekati para pengendara di jalan raya untuk meminta uang.

INILAH, Bandung - Modus yang biasa dilakukan oleh sebagian besar manusia silver yang beraksi di Bandung yakni dengan membawa sebuah kotak kardus bertuliskan peduli yatim piatu. Mereka kemudian mendekati para pengendara di jalan raya untuk meminta uang.

Para manusia silver ini biasanya mudah dijumpai saat akhir pekan, terutama di sejumlah ruas jalan yang ramai dilalui kendaraan. Saat kondisi arus lalu lintas sedang padat,  membuat laju kendaraan  berjalan lambat. Saat itulah para 'manusia silver' biasanya beraksi.

"Saya kira kalau memberikan pengemis apalagi manusia silver, kita bukan berarti bukan manusiawi, justru kalau pun ingin memberi sesuatu pada tempatnya, artinya disalurkan dengan baik," ucap Walikota Bandung, Oded M. Danial kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Kata dia, Dinas Sosial kota Bandung sudah menertibkan di beberapa ruas jalan. Penertiban ini bukan hanya di bulan Ramadan saja, tapi di hari biasa pun melakukannya.

"Kalau kita membantu orang miskin, itu kewajiban kita sebagai orang muslim, tapi kita memberi pengemis di jalanan, pengemis itu belum tentu miskin, saya banyak membuktikan, pengemis itu di rumahnya di kampungnya punya sawah dan lainnya, artinya maksud saya agar sodakoh itu tepat sasaran," tambahnya. (Okky Adiana).