Sudut Kumuh Soreang, Ibu Kota Kabupaten Bandung

Sudut Kumuh Soreang, Ibu Kota Kabupaten Bandung
Serakan sampah di Jalan Raya Soreang. (Dani Nugraha)
Sudut Kumuh Soreang, Ibu Kota Kabupaten Bandung

INILAH, Bandung - Tumpukan sampah di sepanjang trotoar jalan menjadi pemandangan sehari-hari di Jalan Raya Soreang depan terminal dan pasar yang merupakan sudut strategis Ibu Kota Kabupaten Bandung.

Selain sampah gundukan, ditambah lagi kemacetan lalu lintas yang diakibatkan parkir liar di trotoar sepanjang jalan di ibu kota itu pun menambah kurang eloknya pemandangan di sepanjang jalan ini. 

Berdasarkan pantauan INILAH, tampak sampah berserakan di hampir sepanjang jalan tersebut. Bahkan, tempat-tempat sampah yang ada tak bisa menampung sampah hingga meluber ke trotoar dan jalan.

Sampah-sampah dari pasar dan pertokoan di sepanjang jalan itu, sepertinya tidak secara rutin diangkut ke tempat pembuangan sampah sehingga dibiarkan berserakan yang sudah barang tentu mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. 

Tak hanya itu, trotoar yang semestinya menjadi hak pejalan kaki berubah fungsi menjadi tempat parkir motor di depan pertokoan di jalan tersebut. Di sisi lain, arus lalu lintas pun melambat karena banyak kendaraan keluar masuk untuk parkir. 

"Apalagi sekarang bulan Ramadan dan menjelang Lebaran. Semakin banyak orang yang belanja ke Pasar Soreang dan pertokoan di sepanjang jalan ini. Sampah dan kesemrawutan semakin parah," kata Entis Sutisna (50) salah seorang warga Soreang, Senin (27/5/2019).

Entis mengaku heran dengan pengelolaan kebersihan di tempat itu. Mengapa tumpukan sampah dibiarkan hingga berceceran ke mana-mana.

Parkir liar di atas trotoar yang sudah usang dengan lantai kotor tak terurus menjadi pemandangan biasa bagi warga kota tersebut. Sehingga, Kota Soreang sebagai Ibu Kota Kabupaten Bandung, kondisinya sangat kumuh dan kotor. 

"Sebagai orang Soreang, saya heran dan kecewa. Kok kebersihan serta penataan atau perbaikan kawasan Soreang sebagai ibu kota kabupaten kelihatannya memble sekali. Coba bandingkan dengan ibu kota kabupaten lainnya di Jawa Barat, rasanya di sini yang paling kumuh," ujarnya. 

Hal senada dikatakan warga Soreang lainnya, Rusli (49), menurutnya ceceran sampah dengan kemacetan lalu lintas dan juga parkir di atas trotoar sudah terjadi sejak lama.

Namun sayang, seolah dibiarkan tetap seperti itu. Padahal, Soreang sebagai ibu kota seharusnya memiliki infrastruktur lebih baik ketimbang daerah atau kecamatan lainnya di Kabupaten Bandung.

"Yah memalukan saja sih melihatnya. Biasanya kalau kita ke ibu kota sebuah kabupaten pastinya disuguhkan keindahan dan kebersihan kota. Nah, kalau di Soreang pasti disuguhi sampah, kotoran kuda, kemacetan lalu lintas, dan juga gersang enggak ada pepohonan hijau," pungkasnya. (Rd Dani R Nugraha)

Loading...