Nurhayanti Khawatir Perencanaan Desa Asal-asalan

Nurhayanti Khawatir Perencanaan Desa Asal-asalan
INILAH, Bogor- Bupati Bogor Nurhayanti membuka Bursa Inovasi Desa di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (15/11/2018). Ini digelar agar pemerintah desa maksimal dalam penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).
 
Nurhayanti menginginkan dengan anggaran tahun setiap desa paling banyak bisa tembus Rp1 miliar, maka program yang dibuat harus memiliki tujuan yang jelas dan berujung pada mutu pelayanan masyarakat.
 
"Kita ingin kumpulkan potensi-potensi di desa agar benar-benar produktif dengan dana yang mereka miliki," kata Nurhayanti.
 
Bursa Inovasi Desa, kata dia, diharapkan pemerintah desa memiliki perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan desa makin meningkat dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Inovasi yang dikembangkan mampu meningkatkan produktivitas pedesaan dalam tiga bidang, yakni pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur," katanya.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Deni Ardiana berharap, kegiatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan daya inovasi dan saling bertukar pengalaman secara partisipatif, hingga setiap desa akan memiliki program unggulan yang inovatif lewat sumber pendanaan yang ada.
 
Dia juga menjelaskan, masa depan daya saing bangsa antara lain dipengaruhi oleh sampai sejauh mana penguasaan teknologi dan implementasinya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 
 
"Dengan teknologi, kita berpeluang membawa perubahan dan perbaikan layanan publik di berbagai sektor pembangunan, sehingga mendorong unit kerja pada tujuannya sebagai sumber pengembangan dan perluasan layanan publik sesuai tugas dan fungsinya masing-masing," katanya.