Mudik Lebaran, Polres Purwakarta Antisipasi Kepadatan di Beberapa Titik

Mudik Lebaran, Polres Purwakarta Antisipasi Kepadatan di Beberapa Titik
Kapolres Purwakarta AKBP Matrius. (Net)

INILAH, Purwakarta - Jajaran Polres Purwakarta telah melakukan pemetaan terkait situasi dan kondisi jalur yang akan digunakan untuk arus mudik Lebaran 2019. Salah satunya, pemetaan wilayah yang rawan kemacetan parah.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menuturkan, hasil pemetaan jajarannya menyimpulkan, di wilayah hukumnya terdapat beberapa jalur krusial yang dianggap rawan macet dan harus diantisipasi, salah satunya terdapat di jalur tol.

"Yang kami prediksi, ada dua titik yang harus diantisipasi. Yakni, pertemuan arus lalu lintas dari Tol Purbaleunyi dan Tol Japek, tepatnya di KM 67," ujar Matrius.

Dia mengkhawatirkan, imbas dari pertemuan arus dari dua tol itu menjadikan arus lalu lintas mengarah ke Tol Cipali padat. Untuk itu, pihaknya akan menyiagakan tim urai di lokasi tersebut.

"Selain itu, kami antisipasi juga adanya luapan saat kendaraan di waktu buka puasa dan sahur di Rest Area KM 72 arah Bandung. Kalau di situ meluap dan terjadi antrean, tentunya bisa mencapai gerbang tol," jelas dia.

Selain antisipasi di jalur tol, jalur arteri pun tak luput dari perhatiannya. Salah satu yang diwaspadai terjadi kepadatan, yakni di pusat kota dan tempat wisata. "Arus lokal juga kita tetap antisipasi. Apalagi jelang Lebaran, aktivitas masyarakat mulai meningkat," jelas dia.

Dia menambahkan, dalam arus mudik kali ini pihaknya telah menyiapkan dua pos terpadu, yakni di sekitar pusat kota dan sekitar Cikopo. Kemudian, juga ada 10 pos pengamanan yang disiapkan dan 28 pos gatur yang ada di hampir setiap persimpangan jalan arteri. (Asep Mulyana)

Loading...