Ini Skenario Polres Cimahi Atasi Macet Lebaran 2019

Ini Skenario Polres Cimahi Atasi Macet Lebaran 2019
Foto: Net

INILAH, Cimahi – Menghadapi arus mudik lebaran 2019, Satlantas Polres Cimahi menyiapkan skema antisipasi kemacetan di sejumlah ruas jalan Kota Cimahi hingga Kabupaten Bandung Barat.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Suhartp mengatakan, meskipun kedua wilayah ini hanya lintasan bagi para pemudik, namun kemacetan bisa terjadi di beberapa titik, terutama Jalan Amir Machmud Kota Cimahi dan Jalan Raya Padalarang. 

"Kita sudah siapkan skema pengurai kemacetan manfaatkan jalur alternatif," katanya saat dihubungi, Kamis (30/5/2019).

Pemudik dengan kendaraan roda dua dari arah Cimahi menuju KBB dan seterusnya ataupun sebaliknya, bisa menggunakan Jalan Leuwigajah, menuju Cangkorah, lalu dibelokkan ke arah Cimareme. 

Memang, Suharto mengaku kondisi jalannya agak sedikit berlubang, tapi efektif untuk memecah kepadatan kendaraan yang lewat di jalur arteri Kota Cimahi, dan bisa juga dilalui kendaraan roda empat.

Tak hanya di dalam kota, pihaknya juga membuat skema antisipasi jalur satu arah (one way) bagi pemudik yang hendak menuju Jakarta. Kendaraan dari arah Cimahi atau Kabupaten Bandung Barat yang hendak mengarah ke ibukota akan diarahkan ke arah Cianjur via Cipatat mengingat ada rencana penerapan one way di dua jalur tol ke arah Palimanan-Cirebon. 

Sedangkan untuk arus lalu lintas yang datang dari arah tol Purbaleunyi (Cileunyi ke Purwakarta), di Purwakarta akan dikeluarkan di jalur arteri. Rencananya, sistem ini akan diterapkan pada 30 Mei hingga 2 Juni, sementara untuk arus balik akan dimulai pada 8-9 Juni. 

"Jadi nanti semua kendaraan hanya akan mengarah ke timur, yang menuju barat diarahkan melalui jalur arteri. Dampaknya pasti akan terasa di Cimahi dan KBB," tegasnya. 

Untuk mengawal kelancara arus mudik pada lebaran kali ini, Satlantas Polres Cimahi menerjunkan 723 personel yang disebar ke semua titik pengawasan jalur mudik. (Ahmad Sayuti)