Jelang Lebaran, Pemkab Purwakarta Sebar Petugas Monitoring Daging

Jelang Lebaran, Pemkab Purwakarta Sebar Petugas Monitoring Daging
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Jelang lebaran 2019, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, membentuk petugas pengawas penjualan daging dan ikan. Tim monitoring ini, nantinya akan disebar ke sejumlah rumah pemotongan hewan, pasar tradisional hingga swalayan. 

‎‎Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Sri Wuryasturati pihaknya sengaja menerjunkan petugasnya untuk memastikan jika daging dan ikan yang dijual para pedagang ini tidak terinfeksi penyakit berbahaya.

"Petugas kami akan dintensifkan melakukan pengawasan ‎ke sejumlah tempat penjualan daging, baik daging sapi atau ayam," ujar Sri kepada wartawan, Jumat (30/5/2019).

Dia menjelaskan, khusus untuk Idul Fitri ini frekwensi pengawasannya akan lebih ditingkatkan. Selain itu, pihaknya pun akan memantau peredaran daging yang dijual, serta memeriksa sarana prasaran yang digunakan para pedagang itu sendiri.

Menurut dia, menjelang lebaran nanti permintaan akan daging pasti meningkat. Bahkan, peningkatannya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat.

"Kita juga bawa lab mobile. Jadi daging yang diperiksa bisa langsung keluar hasil. Termasuk mencermati adanya campuran daging sapi dan daging celeng, pemeriksaan ketat pun dilakukan di pasar hewan termasuk daging beku," kata dia.

Terkait stok daging sapi, Sri memastikan, ‎saat ini cukup aman. Apalagi, saat ini sudah mulai masuk ternak hidup siap potong dari Jawa Tengah, Jawa Timur, termasuk Purwakarta.

"Untuk stok aman, selain ternak hidup siap potong juga adanya daging beku, jadi insya allah aman untuk kebutuhan daging di idul fitri nanti," pungkasnya. (Asep Mulyana)