Cara Tetap Bugar Saat Mudik, Ini Kata Dokter Spesialis

Cara Tetap Bugar Saat Mudik, Ini Kata Dokter Spesialis

INILAH, Bandung - Mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor menjadi pilihan bagi orang-orang yang tidak ingin berdesak-desakan dalam angkutan umum, atau pun karena tidak mendapat tiket dan harga tiket yang lebih mahal saat menjelang lebaran.

Namun jika mudik dengan kendaraan pribadi tersebut, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh, agar tidak timbul penyakit saat di perjalanan atau ketika sampai kampung halaman.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Ellyana Sungkar membagikan tips bagaimana agar tubuh tetap sehat dan bugar saat perjalanan mudik.

"Ketika mudik itu suasana macet padat, ada polusi yang bisa kita hindari di jalan raya, terlebih kita akan duduk selama berjam-jam, cara duduk harus harus diperhatikan terutama kalo naik motor berboncengan," katanya, di RSHS, beberapa waktu lalu.

Menurut Ellyana, sebaiknya siapkan fisik secara prima saat memulai perjalanan, seperti tidur selama minimal enam jam. Saat berangkat gunakan pakaian longgar agar lebih nyaman, serta memakai jaket terutama bagi pemudik sepeda motor.

"Hindari barang bawaan yang berlebih terutama oleh-oleh saat perjalanan mudik. Usahakan mengkonsumsi makanan bersih terutama sayuran dan buah-buahan, jangan sampai malah diare saat perjalanan," ucapnya.

Selain itu, istirahat yang cukup saat di tengah perjalanan, dan tidak menerima makanan daei orang tidak dikenal, serta hindari menahan buang air kecil saat perjalanan.

"Untuk menangkal polusi gunakan masker, sarung tangan juga harus pakai. Sepatu pakailah sepatu ringan yang nyaman," ujarnya.

Ellyana menambahkan tangan juga harus sering dicuci dengan sabun dan air mengalir saat hendak makan. Karena debu polusi bisa menempel dan masuk melalui tangan ke dalam mulut.

"Kalo cape manfaatkan posko kesehatan yang ada, lakukan peregangan juga, semua harus diregangkan daei tangan, badan, kaki," katanya. (Agung Budiana)

Loading...