Ini Salah Satu Faktor Mahalnya Tiket Pesawat

Ini Salah Satu Faktor Mahalnya Tiket Pesawat
Mahalnya tiket pesawat saat libur Lebaran 2019, salah satu disebabkan karena operasional airlines bergantung dollar. Apabila biaya itu menggunakan rupiah, maka harga tiket bisa ditekan.

INILAH,Jakarta - Mahalnya tiket pesawat saat libur Lebaran 2019, salah satu disebabkan karena operasional airlines bergantung dollar. Apabila biaya itu menggunakan rupiah, maka harga tiket bisa ditekan.

Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo Soekartonomengatakan mustinya biaya yang dikeluarkan oleh airline dirubah menjadi rupiah. Apalagi, pendapatan maskapai adalah rupiah. Ini diperparah mata uang rupiah yang kian terpuruk dalam beberapa tahun terakhir.

"Kemahalan tiket pesawat akibat dari nilai mata uang rupiah yang terpuruk paling besar di negara Asia. Terpuruknya sampai 60%. Negara lain terpuruk tapi tidak sampai 10%," kata Bambang dikutip Kamis (6/6/2019).

Menurut dia, keterpurukan nilai mata uang rupiah ini menambah beban pengeluaran airline. Sebab, dengan keterpurukan ini membuat biaya yang dikeluarakan akan lebih besar. Dan ini tentunya berdampak pada harga tiket yang dijual.

"Keterpurukan ini menambah beban dari airline baik maintene atau operasional mereka menggunakan dollar. Ini yang harus dirubah," ujar dia.

Dia meyakini apabila biaya operasional airline atau memakai rupiah, maka tiket pesawat bisa dijual lebih murah. "Harus dihilangkan jadi menggunakan rupiah. Sehingga mungkin harga tiket lebih murah," ujar dia yang juga Politisi Gerindra.

Sekedar diktahui harga tiket pesawat belakangan meroket. Bahkan harganya sampai tak masuk diakal, dan membuat para pemudik harus putar otak.

Seperti di agen penjualan online Traveloka harga tiket pesawat untuk keberangkatan 31 Mei 2019 rute Jakarta-Medan dijual dengan harga paling murah Rp3,7 juta untuk kelas ekonomi. Penerbangan ini menggunakan maskapai Lion Air dan harus transit di Kuala Lumpur untuk ganti pesawat Batik Air.

Nah, ada kelas bisnis pada rute yang sama dijual Rp9,9 juta. Lebih parah lagi bila terbang dari Bandung ke Medan, tiketnya Rp13,4 juta sampai Rp21,9 juta untuk penerbangan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.(inilah.com)