Lebaran 2019, Peziarah Padati TPU Cikutra

Lebaran 2019, Peziarah Padati TPU Cikutra
Hari Lebaran hari yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim. Di momen spesial ini, tak sedikit orang yang menghabiskan masa liburannya bersama keluarga. Salah satu yang menjadi tradisi di hari besar umat muslim ini, berziarah ke makam./Okky Adiana

INILAH, Bandung - Hari Lebaran hari yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim. Di momen spesial ini, tak sedikit orang yang menghabiskan masa liburannya bersama keluarga. Salah satu yang menjadi tradisi di hari besar umat muslim ini, berziarah ke makam.

Salah satunya, Taman Permakaman Umum (TPU) Cikutra, Kota Bandung yang tampak dipenuhi oleh ribuan peziarah pada Jumat (7/6/2019)

Koordinator Pengelola TPU Cikutra Sugianto mengatakan, di hari pertama libur lebaran kali ini peziarah sekitar 1.000. Namun kata dia, belum bisa diketahui jumlah peziarah di hari ketiga ini.

"Ini kan peziarah terus berdatangan dari pagi. Mungkin sekirar Sabtu dan Minggu lebih banyak yang datang," kata Sugianto kepada INILAHKORAN, Jumat (7/5/2019).

Dia menyatakan, jumlah makam TPU Cikutra Bandung kurang lebih sekitar 3.000 makam dan terbagi enam blok.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada peziarah, TPU yang memiliki enam blok ini, sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat, baik Koramil ataupun Kapolsek setempat. 

"Dari tenaga sukarelawan untuk melayani pihak pengunjung. Misalnya, dalam hal kebersihan, dan arahan informasi keterlambatan pajak," pungkas Sugianto. (Okky Adiana)