Bingung Cari Tempat Berlibur, Kuy Ahh ke Purwakarta

Bingung Cari Tempat Berlibur, Kuy Ahh ke Purwakarta
Foto: Asep Mulyana
INILAH, Purwakarta - Objek wisata apa saja yang anda ketahui di Kabupaten Purwakarta? Wisata air di Waduk Jatiluhur, Taman Sri Baduga (Situ Buleud) yang menyuguhkan tarian air mancur terbesar se-Asia Tenggara, atau wisata alam bernilai edukasi di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong? 
 
Ya, semua yang disebutkan itu benar adanya. Memang, mungkin belum banyak masyarakat yang tahu jika di wilayah ini banyak terdapat lokasi-lokasi cukup eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata.‎ 
 
Bahkan, tak hanya di pusat kota, keberadaan tempat wisata inipun tersebar di wilayah tersembunyi yang bisa di bilang sangat jarang dijamah oleh manusia.
 
Bisa dikatakan, ‎saat ini kabupaten kecil yang diapit dua kota besar ini tengah mekar-mekarnya menebar pesona. Kondisi itu terjadi sejak pemerintah setempat memfokuskan ‎penataan di lokasi-lokasi yang memiliki potensi wisata supaya lebih berkembang.
 
Di momentum liburan pasca lebaran seperti sekarang ini, sebagian besar masyarakat biasanya mengisi kegiatannya dengan berwisata bersama keluarga. Nah, bagi yang hendak menghabiskan waktu liburannya, mungkin tak ada salahnya 'mampir' ke Kabupaten Purwakarta. Dijamin tidak akan 'nyesel' jika datang.
 
Curug Tilu : Lokasi wisata yang satu ini, berada paling ujung Barat Waduk Jatiluhur. Pelancong yang datang ke wilayah ini dijamin gak bakal 'nyesel'. Mengingat, lokasi wisata ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis.
 
Tak heran, sampai saat ini wilayah tersebut kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Lokasi wisata ini sendiri, resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tak sesulit yang dibayangkan.
 
Karena, Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota.
 
Cikao Park : Di lokasi wisata yang satu ini, ada banyak suguhan yang disiapkan pihak pengelola. Salah satunya, wahana air dan taman indah. Meskipun baru ngehits setahun lalu, lokasi ini bak sebuah oase di gurun pasir.
 
Selain keindahan alam yang masih asri, di Cikao Park sendiri menyuguhkan sejumlah wahana bermain bernilai edukasi. Kemudian, juga terdapat Water Park yang bernuansa alam dan pantai lengkap dengan pasir putihnya. 
 
Lingkar Gunung Parang : Gunung Parang merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang ada di Kabupaten Purwakarta. Lokasi yang merupakan sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak menjulang ke langit ini, mungkin lebih cocok bagi mereka pecinta panjat tebing.
 
Jika dilihat dari jauh, Gunung ini sepintas mirip sebuah monumen batu raksasa. Adapun ketinggian gunung batu berwarna hitam ini, sekitar 1.000 meter dari permukaan tanah. Keunikan lain di gunung ini, yakni memiliki dinding bebatuan yang hampir tegak lurus.
 
Keindahan Gunung Parang pun bertambah. Seiring, dibangunnya sebuah fasilitas baru berupa penginapan unik di lokasi wisata itu oleh pemerintah setempat.‎ Ada yang aneh memang, karena lokasi penginapan ini tak lazim dari tempat istirahat pada umumnya.‎ 
 
Tempat beristirahat ini mungkin bakal sedikit menguji adrenalin para pengunjung. Sebab, dibangun secara menggantung (Sky Lodge) di ketinggian bervariasi dari mulai 300-900 meter dari permukaan tanah di gunung batu tersebut.
 
Tak hanya itu, di kawasan tersebut juga terdapat wahana lain, semisal Sasak Panyawangan dan lokasi untuk mereka yang senang Hiking. Yakni, di areal Gunung Bongkok yang masih satu hamparan dengan Gunung Parang.
 
Yang disebutkan tadi, mungikin hanya beberapa lokasi wisata saja. Mengingat, di Kabupaten Purwakarta banyak terdapat lokasi-lokasi eksotis lainnya. Pemkab Purwakarta, melalui dinas terkait saat ini telah menetapkan 62 destinasi wisata di wilayah itu. (Asep Mulyana)