Pengelola Wisata di Purwakarta Harus Perhatikan Standar Keselamatan

Pengelola Wisata di Purwakarta Harus Perhatikan Standar Keselamatan
Ilustrasi/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Di Kabupaten Purwakarta, selama ini terdapat banyak tempat wisata yang menyuguhkan wahana air. Bahkan, keberadaannya lebih mendominasi dari wisata lain yang ada di kabupaten tersebut.

Lokasi wisata ini, tersebar di setiap kecamatan yang ada. Tak heran, sejauh ini lokasi wisata tersebut menjadi salah satu penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Sayangnya, sejauh ini banyak diantara pengelolanya tak memerhatikan standar keselamatan pengunjung di setiap kolam renang yang ada. Padahal, bagaimana pun juga pengelola kolam renang wajib menjamin keselamatan pengunjungnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Iyus Permana tak menampik terkait hal itu. Makanya, kedepan pihaknya akan mengevaluasi perizinan tempat wisata yang tak memberikan jaminan keselamatan pengunjung. 

"Jaminan seperti ini, wajib ada di setiap tempat wisata.Jangan sampai, kejadian di kolam renang Alam Sari kemarin terulang," ujar Iyus kepada wartawan.

Iyus mengaku, pihaknya telah mengintruksikan dinas terkait supaya turun ke lapangan untuk mengecek sudah sejauh mana para pengelola menerapkan standarisasi keselamatan pengunjungnya. 

"Pengecekan ini pun dikhususkan kepada pengelola Alam Sari Wates," kata dia.

Pihaknya meminta kerjasama yang baik dari setiap pengelola pariwisata untuk terus mendorong Kabupaten Purwakarta sebagai daerah tujuan wisata. Apalagi, tingkat kunjungan dalam dua tahun terakhir ini terbilang cukul bagus.  

"Jangan sampai kontra produktif dengan positifnya tingkat kunjungan wisata,"ujarnya. 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, ayah dan anak meregang nyawa di Kolam Renang Alam Sari Wates, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Mereka tenggelam di salah satu kolam sedalam 2 meter. (Asep Mulyana)