Lebih Dari 200 Ribu Pelancong Kunjungi Wisata Purwakarta

Lebih Dari 200 Ribu Pelancong Kunjungi Wisata Purwakarta
Foto: Net

INILAH, Purwakarta – Pesona alam di Kabupaten Purwakarta masih memiliki daya tarik, terutama bagi masyarakat yang 'doyan' berwisata. 

Terbukti, sampai saat ini banyak lokasi indah di wilayah tersebut menjadi primadona tujuan berwisata ria. Di musim liburan lebaran kemarin, ratusan ribu pelacong dari berbagai daerah berbondong-bondong mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Purwakarta mencatat, sepanjang libur lebaran ada 247.928 pengunjung yang datang ke Purwakarta. Kunjungan ini terhitung mulai 6 Juni hingga 9 Juni.

"Alhamdulillah, meski liburan kemarin tak sepanjang tahun lalu, tapi kunjungan ke wilayah kami masih tetap membludak," ujar Kabid Pariwisata Disporaparbud Purwakarta Irfan Suryana, Rabu (11/6/2019).

Irfan mengaku, kunjungan wisatawan tersebar di sejumlah lokasi wisata. Taman Sribaduga (Situ Buleud) tetap menjadi penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ini.

"Akhir pekan kemarin pertunjukan Air Mancur baru dibuka kembali setelah libur puasa. Alhasil, pengunjungnya membludak, hingga mencapai 61 ribu pengunjung," jelas dia.

Irfan bersyukur lokasi wisata di wilayahnya masih dipilih menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Memang, potensi pariwisata di wilayahnya cukup melimpah, di antaranya wisata alam, religi, dan kuliner.

"Setiap tahunnya, selalu ada penambahan destinasi wisata. Hingga akhir 2018 kemarin, tercatat sudah ada 62 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan," kata dia.

Menurut dia, dengan banyaknya tepat wisata primadona dipastikan jumlah kunjungan wisatawan pun akan lebih meningkat lagi. Tahun ini, pemkab menargetkan kunjungan wisatawan ke Purwakarta bisa mencapai 4 juta pengunjung.

"Kami optimis, target kunjungan ini bisa tercapai. Apalagi, saat ini sudah banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi," pungkasnya. (Asep Mulyana)