Pemkot Bandung Tingkatkan Kerja Sama dengan Belgia

Pemkot Bandung Tingkatkan Kerja Sama dengan Belgia
Wali Kota Bandung Oded M Danial menerima tamu kehormatan dari duta besar dari Belgia. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial dikunjungi oleh duta besar dari Belgia. Ini bagian dari upaya-upaya untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Belgia yang sudah terjalin sejak 70 tahun silam.

Oded mengatakan, kerja sama ini merupakan kunjungan tentang halal food, karena mereka melihat Indonesia atau Jawa Barat luar biasa.

"Hari ini ingin meningkatkan kerja sama dalam hal yang positif dan konstruktif. Mereka menawarkan di antaranya membuat halal food, karena mereka melihat bahwa Indonesia, khususnya Jawa Barat, sebagai konsumen halal food," ujar Oded kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

Dia menambahkan, kerja sama yang kedua adalah dengan PTDI. Mereka akan ke PTDI melihat seperti apa dan mereka sudah ada kerja sama dengan PT Pindad dan sisi lainnya kesehatan dan sebagainya.

Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini, lanjut dia, bukan hanya dari Belgia, tapi banyak negara lain memperkuat untuk menghadirkan hal yang positif dan konstruktif.

"Sehingga bermanfaat buat Kota Bandung, bisa jadi ada investasi kalau memang dipandang oleh mereka ada kerja sama yang saling menguntungkan, kenapa tidak? Kerja sama apapun yang penting bisa mendatangkan manfaat dan sama-sama menguntungkan," paparnya.

Oded menambahkan, dalam posisi yang setara, pihaknya mencoba transfer ilmu juga dari mereka, karena di Belgia halal food sudah luar biasa, ini menjadi spirit dan inspirasi buat Jawa Barat.

Kalau negara yang minoritas umat Islam saja mereka luar biasa punya perhatian terhadap halal food, harusnya Jawa Barat bisa lebih duluan, ini jadi spirit buat Jabar untuk lebih memperindah, memperhatikan keseriusan dari halal food.

Menindaklanjuti mengenai kerja sama dan juga mengenai berbagi ilmu mengenai halal food di Bandung, kata dia, di Belgia sendiri memiliki perusahaan yang sangat mutakhir dan sangat ahli dalam bidang industri halal.

"Secara potensi Belgia memang disuplai beberapa komponen untuk industri pesawat terbang jadi ingin melihat beberapa kemungkinan untuk kerja sama," tambahnya. (Okky Adiana)