Anne Proyeksikan Purwakarta Jadi Pusat Oleh-oleh

Anne Proyeksikan Purwakarta Jadi Pusat Oleh-oleh
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
INILAH, Purwakarta - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berkomitmen untuk lebih memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM telah berkembang. "Saya optimistis industri UMKM akan terus tumbuh di masa mendatang," ujar Anne. 
 
Optimismenya tersebut bukan tanpa dasar. Salah satunya, dia melihat potensi pasar yang besar berkaca pada pertumbuhan sektor pariwisata di Purwakarta. Anne melihat, fenomena ini sebagai peluang peningkatan ekonomi warganya.
 
"Peluang UMKM ini sangat besar, karena sektor pariwisata di Purwakarta sedang tumbuh pesat. Warga Purwakarta harus menangkap peluang tersebut, wisatawan itu pasar yang potensial," jelas dia.
 
Pihaknya, telah memproyeksi agar ke depan Purwakarta menjadi pusat buah tangan atau oleh-oleh. Salah satunya, dengan memperbanyak Galeri-galeri Menong yang siap menjajakan oleh-oleh hasil buah tangan masyarakatnya.
 
"Kalau pusat kuliner kan sudah banyak. Tinggal, kita bangun pusat oleh-oleh untuk para wisatawan. Kita ada contoh Galeri Menong, nanti itu kita perbanyak," jelas dia.
 
Tak hanya itu, pihaknya pun akan berupaya mendorong pengembangan industri kreatif masyarakat supaya lebih berkembang. Misalnya, pelaku usaha simping, dodol, dan tape atau peuyeum itu. Nantinya produk UMKM khas Purwakarta itu tersedia di galeri tersebut.
 
Anne menambahkan, konsep peningkatan kunjungan wisatawan adalah salah satu fokus utamanya ke depan. Untuk itu, perlu adanya peningkatan aspek pendukung pariwisata agar wisatawan betah di Purwakarta. Seperti membangun infrastruktur yang memadai, termasuk akomodasi.
 
"Kami ingin ciptakan, supaya wisatawan itu betah berlama-lama di Purwakarta. Ya tentunya, caranya dengan menyiapkan apa yang mereka butuhkan," pungkasnya. 

Loading...