Cara Jadi Analis Keuangan, Mau?

Cara Jadi Analis Keuangan, Mau?
Foto: Net

INILAH, New York - Ribuan orang di seluruh dunia berharap mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang analis keuangan. Bisakah Anda menjadi salah satu dari mereka?

Rekor 250.000 kandidat akan mengikuti ujian yang diperlukan untuk menjadi analis keuangan carteran akhir pekan ini, di 95 pasar di seluruh dunia, menurut Bloomberg. Itu 11% lebih banyak orang daripada tahun sebelumnya.

Mereka yang lulus tiga ujian yang ditawarkan oleh CFA Institute yang berbasis di A.S. akan menerima kredensial profesional. Ujian mencakup berbagai materi pelajaran, topik termasuk akuntansi, etika profesional, analisis sekuritas dan manajemen uang.

Sangat sedikit orang yang telah menyelesaikan ketiga ujian. Antara 1963 dan 2016, lebih dari 1,3 juta kandidat telah mengikuti ujian Tingkat I, sementara lebih dari 209.000 berhasil lulus ujian Tingkat III terakhir, menurut Investopedia.

Kredensial CFA sangat dicari di dunia investasi. Penunjukan tersebut juga dapat membebaskan pemegang piagam dari keharusan mengikuti ujian lain yang diperlukan untuk bekerja dengan lembaga-lembaga seperti New York Stock Exchange dan Komisi Pengawas Keuangan Taiwan.

CFA Institute mengelola piagam dan ujian yang diperlukan untuk menerimanya. Misi organisasi adalah: "Hanya melalui layanan yang transparan, etis, dan benar-benar bertanggung jawab, keuangan memberikan kontribusi bagi manfaat utama masyarakat."

Ujian ditawarkan dua kali setahun: Ketiga level tersedia pada bulan Juni, sementara ujian Tingkat I juga disajikan pada bulan Desember. Kurang dari setengah dari mereka yang mengikuti tes lulus. Pada 2017, rekor 47% peserta tes lulus ujian Level II, menurut Business Insider.

Tahun ini, biaya tes antara US$650 dan US$1.380 tergantung pada saat kandidat mendaftar, seperti mengutip marketwatch.com.

Ujian Tingkat I melibatkan 240 pertanyaan pilihan ganda tentang alat dan input keuangan. Untuk ujian Tingkat II, peserta tes harus menjawab 21 soal pertanyaan yang ditetapkan berdasarkan "sketsa" atau "kasus kecil" terkait dengan penilaian aset. Tes Level III berfokus pada manajemen portofolio dan mencakup pertanyaan esai dan pertanyaan set item.

Ketiga tes masing-masing memakan waktu enam jam dan diberikan dalam dua sesi yang dibagi antara pagi dan sore. Pada tahun 2021, tes Tingkat I akan menjadi elektronik dalam upaya untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan bagi kandidat untuk menerima hasil mereka.

Saat ini, kandidat Level 1 dan II harus menunggu 60 hari untuk hasil mereka, sementara kandidat Level III menunggu 90 hari.

Di bawah ini adalah sekelompok pertanyaan sampel yang diterbitkan dan dirilis oleh CFA Institute pada 2016. Kesulitan dan format pertanyaan dirancang untuk mencerminkan apa yang dihadapi oleh peserta tes yang sebenarnya.

Anda dapat menemukan lebih banyak pertanyaan dan jawaban untuk pertanyaan di bawah ini di sini.

1. Fitur dari industri investasi yang berfungsi dengan baik yang memberi investor kemampuan untuk dengan cepat membeli dan menjual sejumlah besar investasi tanpa memiliki dampak material pada harga digambarkan sebagai:

(a) likuiditas
(B) pasar kompetitif
(c) transfer risiko

2. Menurut prinsip-prinsip etika dan profesional mendasar yang berlaku untuk industri investasi, kelompok mana yang memiliki kepentingannya di peringkat pertama?

(a) Klien
(B) Pengusaha
(c) Rekan kerja

3. Regulator sering mencari konsultasi publik sebelum penerapan peraturan baru untuk:

(a) memastikan bahwa aturan baru itu menguntungkan bagi mereka yang kemungkinan akan terpengaruh
(B) mendidik konsumen dan penyedia layanan tentang aturan baru
(c) meningkatkan aturan final dengan melakukan analisis biaya-manfaat

4. Perusahaan penasehat keuangan yang menerapkan kebijakan internal terkait dengan hambatan informasi, standar kesesuaian, dan pembatasan transaksi mandiri, sedang menangani masalah yang terkait dengan jenis regulasi berikut ini?

(a) Aturan praktik penjualan
(B) Aturan perdagangan
(c) Aturan pengungkapan

5. Laporan keuangan terbaik yang digunakan untuk mencari informasi tentang apa yang dimiliki dan dimiliki oleh perusahaan lain disebut:

(a) laporan laba rugi
(B) neraca
(c) laporan arus kas

6. Jika dua variabel tidak memiliki hubungan yang kuat (linier), koefisien korelasi antara kedua variabel akan paling dekat dengan:

(a) 0
(b) 1
(c) +1

7. Jika penurunan harga jual hanya produk perusahaan menghasilkan peningkatan dalam total pendapatan perusahaan, permintaan untuk produk perusahaan adalah:

(a) elastis
(B) unit-elastis
(c) tidak elastis

8. Manakah dari tindakan berikut yang diambil oleh bank sentral yang ekspansif?

(a) Meningkatkan persyaratan cadangan
(B) Pembelian obligasi pemerintah
(c) Meningkatkan tingkat kebijakannya

9. Manakah dari tindakan pemerintah berikut yang kemungkinan besar akan mengarah pada peningkatan tingkat permintaan agregat? Pengurangan dalam:

(a) pembayaran transfer
(B) pengeluaran publik untuk barang sosial dan infrastruktur
(c) pajak capital gain


10. Jika perusahaan dilikuidasi, hasil dari penjualan aset didistribusikan kepada pemegang saham umum:

(a) sebelum investor hutang tanpa jaminan dan klaim pemegang saham preferen dibayarkan
(B) setelah investor utang aman dan klaim pemegang saham preferen dibayar
(c) setelah klaim pemegang saham preferen dibayarkan tetapi sebelum utang tanpa jaminan, klaim investor dibayarkan

11. Manakah dari obligasi berikut ini yang berisi opsi tertanam yang memberikan hak tertentu kepada penerbit?

(A) Ikatan putable
(B) Obligasi Callable
(c) Ikatan konversi

12. Jenis strategi ekuitas swasta apa yang paling mungkin digunakan untuk membiayai perusahaan pemula?

(a) Pertumbuhan ekuitas
(b) Pembelian
(c) Modal ventura

13. Dalam investasi real estat komersial, jumlah yang diperoleh dari mendiskontokan arus kas masa depan pembayaran sewa dan sewa ditambah apresiasi modal menunjukkan nilai dari:

(a) aset
(B) ekuitas
(c) kewajiban

14. Suatu bentuk program pensiun di mana peserta memiliki beberapa kemampuan untuk menentukan bagaimana kontribusi pensiun diinvestasikan digambarkan sebagai (n):

(a) rencana kontribusi yang pasti
(B) rencana endowment
(c) program imbalan pasti

15. Seorang investor yang mencoba untuk mereplikasi indeks tertimbang harga akan memiliki nilai yang sama:

(a) persentase saham beredar dari setiap sekuritas dalam indeks
(B) Jumlah yang diinvestasikan dalam setiap keamanan dalam indeks
(c) jumlah unit (saham) dari setiap keamanan dalam indeks (INILAHCOM)