Kisah Doyok, Otoy dan Ali Oncom yang "Mendadak Kaya"

Kisah Doyok, Otoy dan Ali Oncom yang "Mendadak Kaya"
Foto: Net

INILAH, Jakarta – Doyok, Otoy dan Ali Oncom kembali hadir dengan permasalahan baru, jika dulu mereka dipusingkan dengan urusan jodoh kini ketiganya dilanda kesusahan karena masalah uang.

Pada 2018, tiga tokoh yang diambil dari komik strip koran Poskota, hadir dalam sebuah film berjudul "Mencari Jodoh". Kini mereka kembali menghibur masyarakat dengan cerita baru bertajuk "Mendadak Kaya".

Di ceritakan bahwa Ali Oncom (Dwi Sasono) dikejar oleh dept collector dan di saat yang sama dia juga mendapat tekanan dari kekasihnya, Yuli (Jihane Almira) untuk segera dinikahi. Sedangkan Otoy (Pandji Pragiwaksono) diancam akan diceraikan Eli (Nirina Zubir) karena tidak pernah memberi nafkah.

Sementara itu, Doyok (Fedi Nuril) harus mengganti rugi uang puluhan juta kepada Mang Ujang (Ence Bagus) karena secara tidak sengaja membakar warung kopinya.

Ketiganya lalu terpaksa melakukan aksi tipu-tipu dengan menyamar jadi pengemis buta dan pengamen tangan buntung hingga akhirnya terlibat transaksi misterius dengan gengster. Namun peristiwa itu justru membawa keuntungan bagi Doyok, Otoy dan Ali sebab mereka berhasil membawa kabur uang miliaran rupiah.

Mimpi mereka jadi orang kaya akhirnya tercapai, namun satu hal yang tidak mereka pahami bahwa kekayaan tersebut menghadirkan malapetaka di kemudian hari.

Sama seperti film pertamanya, "Mendadak Kaya" juga menyajikan guyonan satir dan menyindir kebijakan pemerintah yang diutarakan oleh Doyok dalam setiap dialognya. Bedanya, kali ini Doyok mengutarakannya dengan lebih santai.

Dari sisi komedi, film ini juga lebih fresh. Berbeda dengan "Mencari Jodoh" yang lawakannya terkesan memaksakan, "Mendadak Kaya" humornya terdengar lebih alami dan pas dengan adegannya.

Celetukan-celetukan yang dilontarkan oleh Ali Oncom cukup membuat penonton terpingkal, belum lagi gayanya yang tengil saat penggoda perempuan yang seperti playboy atau kemampuan berpikirnya yang kurang, membuat siapa saya yang melihat ingin tertawa.

Warna yang ditawarkan dalam film ini juga sesuai dengan ciri khas Anggy Umbara selaku sutradara, mulai dari perpindahan adegan, komedi masyarakat perkotaan serta sedikit bumbu actionnya seperti yang dapat ditemukan dalam film "Comic 8".

Meski demikian, film ini cukup memberikan hiburan bagi masyarakat perkotaan yang merindukan sosok Doyok, Otoy dan Ali Oncom.

"Mendadak Kaya" mulai tayang pada 20 Juni 2019 dan didukung juga oleh beberapa komedian seperti Opie Kumis, Lolox, Arief Didu, Muzzaki, Rasyid Albuqhari, dan Sonni Mahmuda. (ANT)