Iwan Minta Hibah ke Anies untuk Terminal Ciawi

Iwan Minta Hibah ke Anies untuk Terminal Ciawi
Ilustrasi/Reza Zurfwan

INILAH, Ciawi- Pembebasan lahan hingga pembangunan Terminal Ciawi (Type B) diperkirakan akan menelan biaya yang mahal. Ada dua langkah ditempuh Pemkab Bogor.

Selain menyerahkan wewenang tersebut ke Pemprov Jawa Barat, Pemkab Bogor akan mengusahakan dana hibah ke Pemprov DKI Jakarta.

"Pembebasan lahan hingga pembangunan Terminal Ciawi ini kan biayanya sangat luar biasa oleh karenanya Pemkab Bogor akan berupaya mendapatkan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta," ucap Wabup Bogor Iwan Setiawan kepada wartawan, Minggu (16/6/2019).

Politisi Partai Gerindra ini cukup optimistis mendapatkan dana hibah ini  karena selain melalui jaringan partainya, keberadaan Terminal Ciawi juga berdampak dengan angkutan massal dari Bogor menuju DKI Jakarta.

"Kami optimis dapatkanb dana hibah atau minimal pembebasan atau pembangunan Terminal Ciawi dikerjasamakan dengan Pemprov DKI Jakarya karena Terminal Ciawi ini menghubungkan transportasi daru Jakarta menuju Bogor, Sukabumi maupun Cianjur," sambungnya.

Plt Kpala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Supriyanto menilai wajar Pemkab Bogor mencari sumber pendanaan ke Pemprov DKI Jakarta.

"Walaupun  usulan Terminal Ciawi ini sudah diajukan ke Pemprov Jawa Barat dan di tetapkan  berdasarkan Surat Keputusan (SK) untuk kewenangannya tapi hingga sekarang belum ada langkah konkret, Dishub mendukung  Wabup Bogor Iwan Setiawan untuk mengusulkan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta untuk pembebasan  lahan atau pembangunan Terminal Ciawi," jelas Supriyanto.

Terpisah, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya mempertanyakan pendapat Wabup Bogor Iwan Setiawan yang akan meminta dana hibah ke Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau terminalnya type C sih boleh Pemkab Bogor yang meminta bantuan hibah ke Pemprov DKI Jakarta, tapi Terminal Ciawi ini kan type B jadi permintaan dana hibah atau lainnya itu kewenangan Pemprov Jawa Barat," ujar Asep.

Politisi Partai Demokrat ini pun menyaranaan agar Pemkab Bogor mengalihkan pencarian dana hibah tersebut untuk terminal type c seperti Bojonggede, Laladon dan lainnya.

"Kalau Pemkab Bogor ngotot mencari dana hibah ke Pemprov DKI Jakarta untuk pembebasan lahan atau pembangunan Terminal Ciawi itu pasti diprotes DPRD Jawa Barat, mending permohonanndana itu dialihkan ke terminal type c karena itu kewenangan Pemkab Bogor," tukasnya. (Reza Zurifwan)
 

Loading...