Yuk, Nikmati Indahnya Cekungan Bandung dari Bukit Cula

Yuk, Nikmati Indahnya Cekungan Bandung dari Bukit Cula
Bukit Cula di Desa Bimiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.(Dani R Nugraha)

INILAH,Bandung- Menikmati keindahan alam dengan lanskap cekungan Bandung dari ketinggian di puncak Bukit Cula di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung memberikan sensasi tersendiri. 

Setelah berjalan kaki kurang lebih 3 KM dengan tanjakan lumayan ekstrim, pengunjung ke objek wisata alam Bukit Cula ini disuguhi lanskap pemandangan alam dengan hamparan pemukiman penduduk di kawasan Kota dan Kabupaten Bandung.

Setelah berjalan kaki sekitar 3 KM dengan kondisi menanjak dengan kondisi jalan sebagian besar tanah merah berdebu. Cucuran keringat di sekujur tubuh siapa saja yang menuju puncak bukit tak bisa terelakan. Namun, sesampainya diatas puncak bukit, rasa lelah dengan cucuran keringat dan pegalnya kaki rasanya seketika hilang.

Hamparan pemukiman penduduk berselang dengan pesawahan di kawasan Bandung Raya bagian selatan terlihat jelas diatas dari atas bukit Bukit Cula.

"Luar biasa indah banget, dari atas bukit ini kita bisa lihat pemandangan alam. Mungkin ini juga yang membuktikan kebenaran jika Bandung itu di kelilingi gunung. Dari puncak bukit ini, dengan jelas terlihat hamparan rumah dan pesawahan di kota dan kabupaten Bandung dibawah kita," kata salah seorang pengunjung objek wisata alam Bukit Cula, asal Kota Bandung,  Hendi (44), Minggu (16/6/2019).

Hendi yang datang bersama rombongan keluarga besarnya itu, sengaja datang ingin membuktikan keindahan objek wisata alam Bukit Cula di Kecamatan Ciparay itu. Ia dan rombongan keluarganya itu memang mencari objek wisata alam alternatif yang tidak biasa. Bukit Cula dipilih setelah mendengar cerita dari beberapa orang kawan dan juga melihat berbagai poto di media sosial.

"Kami pengen liburan ke objek wisata alam yang enggak biasa. Alhamdulilah tempat ini sensasinya luar biasa, olahraga menguras keringat dan memacu adrenalin pengen cepat sampai ke puncak. Dan setelah di puncak indah sekali bagus untuk berpoto poto," ujarnya.

Di objek wisata alam Bukit Cula ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dengan duduk duduk santai di saung atau gazebu yang berselang diantara rimbunnya pepohonan yang disediakan oleh pengelola. Jika pengunjung ingij merasakan tiduran diatas ayunan yang diikatkan dikedua pohon (hammock), pengelola menyewakan hammock dengan harga murah, yakni Rp 5000 untuk ukuran kecil dan Rp 10.000 untuk hammock besar. Jika pengunjung ingin merasakan sensasi melayang diatas ketinggian, ditempat ini juga terdapat wahana flaying fox yang lumayan panjang.

"Meskipun objek wisata ini dikelola oleh pihak Desa Bumiwangi, tapi enggak dipungut biaya masuk alias gratis. Yang penting pengunjung selalu menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan, tidak berbuat mesum, tidak membawa narkoba, minuman keras dan barang berbahaya lainnya," kata Mamah (58) salah seorang pedagang di tempat itu. 

Mamah melanjutkan, seingatnya, keberadaan objek wisata alam Bukit Cula ini sekitar setahun lalu. Meski belum lama dibuka, namun penungjung datang dari berbagai daerah. Bahkan, para pembesar di pemerintahan Kabupaten Bandung dan salah seorang menteri pun sempat menikmati keindahan alam Bukit Cula. Biasanya, kata dia, pengunjung ke tempat ini ramai pada Jumat hingga Minggu. Mereka naik ke atas puncak bukit mulai dari pagi dan kembali sore, namun banyak juga pengunjung yang datang untuk berkemah.

"Diatas juga ada toilet, musola dan juga beberapa warung seperti punya saya. Jadi pengunjung enggak usah khawatir kesulitan mencari makanan dan minuman,"kata Mamah. (Rd Dani R Nugraha).