Ini Usulan Menhub untuk Arus Mudik Lebaran 2020

Ini Usulan Menhub untuk Arus Mudik Lebaran 2020
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan untuk menghindari penumpukan kendaraan saat arus mudik dan arus balik lebaran. Maka, diusulkan libur mudik dan balik lebaran tahun depan sama lamanya.

"Evaluasi (mudik 2019) yang pertama adalah kita nanti akan mengusulkan waktu libur mudik sama balik itu sama lamanya," kata Budi Karya, Minggu (16/6/2019).

Menurut dia, pemerintah memberikan libur saat mudik lebaran terlalu banyak sampai tujuh hari. Sedangkan, libur untuk arus baliknya cuma tiga hari sehingga terjadi kemacetan saat arus balik lebaran. Maka, tahun depan diusulkan liburnya sama.

"Kita usulkan lima hari-lima hari," ujarnya.

Kemudian, Budi Karya mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan program untuk mengurai kepadatan kendaraan saat arus balik lebaran tahun depan dengan mengoptimalkan angkutan massal.

"Memang (arus mudik dan balik lebaran 2019) ada catatan dari kita bahwa angkutan massalnya belum maksimal. Angkutan massal itu bisa bus, bisa kereta api, bisa kapal, bisa kapal terbang (pesawat)," jelas dia.[ris]