Di Jabar, PLN Bangun Transmisi Listrik di 76 Lokasi

Di Jabar, PLN Bangun Transmisi Listrik di 76 Lokasi
Antara

INILAH, Bandung - Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) II PLN kini terus membangun infrastruktur ketenagalistrikan. Khusus pembangunan transmisi listrik, di Jabar terdapat 76 titik lokasi.

“Ke-76 lokasi itu mulai dari Cirebon, Mandirancan, Indramayu, Padalarang, Cikarang, Bandung, Sumedang. Sejauh ini, beberapa di antaranya proyeknya rampung dikerjakan seperti di Ujungberung dan Cibeureum,” kata General Manager UIP JBT II Eko Priyantono Aviantoro, belum lama ini.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggenjot pembangunan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET). Di bagian timur Bandung proyek tersebut diakuinya beres dibangun. Ke depan, pihaknya akan fokus pembangunan transmisi di Cirata.

Dia mengakui, pembangunan transmisi di UIP JBT II terbilang relatif panjang. Terhitung, jarak transmisinya mencapai 600 km sirkuit. Dikarenakan pembangunan tersebut membentang panjang, pihaknya kerap menemui kendala di lapangan.

“Paling banyak, kendala yang kita hadapi itu, ya pembebasan lahan. Soalnya, tidak semua masyarakat mau dengan harga pembebasan lahan yang diajukan. Itu yang membuat sejumlah proyek jadi molor waktunya,” ujarnya.

Eko menuturkan, setiap titik lokasi proyek itu membutuhkan waktu rata-rata selama 1,5 tahun untuk dirampungkan. Sejauh ini, dari rencana proyek pengerjaan transmisi listrik yang dirampungkan itu sekitar 72%.

“Karena dari rencana proyek 2019 itu belum beres semua, kemungkinan ini akan berlanjut ke tahun depan. Tahun 2020 nanti semua rencana akan dirampungkan,” sebutnya. 

Sebagai informasi, UIP JBT II merupakan salah satu unit induk yang memiliki tugas untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan khususnya transmisi yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) maupun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) serta Gardu Induk (GI) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET). 

PLN UIP JBT II memiliki empat unit pelaksana proyek yaitu UPP JJBT 1 Bandung, UPP JJBT 2 Cirebon, UPP JJBT 3 Semarang, dan UPP JJBT Jakarta.