Luar Biasa, Lulusan SMP di Jabar Diklaim Lebihi Kuota SMA/SMK Negeri

Luar Biasa, Lulusan SMP di Jabar Diklaim Lebihi Kuota SMA/SMK Negeri

INILAH, Bandung - Lulusan tingkat SMP di Jawa Barat mencapai 774 ribu siswa, sementara kuota PPDB SMA/SMK negeri sekitar 238 ribu siswa. Di Jabar, dua kali lipat lebih dibanding kuota SMA negeri.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dewi Sartika mengatakan, keinginan orangtua yang ingin memasukan siswanya ke sekolah negeri, namun setiap sekolah memiliki mutu yang baik. Terlebih dengan sistem zonasi yang berusaha memudahkan dan mengefisienkan keperluan sekolah siswa. "Jadi sisanya bisa ditampung diluar sekolah negeri, baik ditingkat SMA, SMK dan SLB," ungkapnya di SMAN 8 Bandung, Kota Bandung, Senin (17/6/2019.

Dia menambahkan, pihaknya akan meningkatkan mutu yang jauh lebih baik, sementara sistem zona bertujuan mengefisienkan kegiatan belajar mengajar, seperti tidak perlu macet-macetan atau bisa jalan ke sekolah karena jarak yang dekat. "Kita akan melakukan pemerataan guru-guru terbaik di Jawa Barat," ungkapnya.

Dalam rangka melahirkan lulusan dengan skill yang memenuhi permintaan perusahaan dan industri kata Dewi, SMK akan membaca perkembangan secara global untuk tiga tahun ke depan. Seperti jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan lainnya. "Jadi PPDB tahun ini akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun-tahun berikutnya," tambahnya. (Okky Adiana).

 

Loading...