Mantan Presiden Mesir Morsi Meninggal Setelah Sidang

Mantan Presiden Mesir Morsi Meninggal Setelah Sidang
Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi meninggal setelah menjalani sidang di Kairo, Senin (17/6). (Net)

INILAH, Kairo- Kabar duka datang dari Kairo. Mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi meninggal dunia setelah mengikuti persidangan, Senin (17/6/2019).

Dilansir Al Jazeera, Morsi yang berusia 67 tahun wafat setelah pingsan ketika mengikuti sidang. "Ia berbicara di hadapan hakim selama 20 menit, kemudian melemah dan pingsan. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit dan di sana ia meninggal," kata seorang sumber dari pengadilan Mesir.

Morsi adalah penggagas demokrasi di Mesir. Dialah presiden pertama di negara itu yang dipilih melalui pemilu demokratis, 2012 lalu. 

Morsi dipilih sebagai presiden setelah pemerintahan diktator Hosni Mubarak yang berlangsung 30 tahun. Sayangnya, kepemimpinan Morsi tak bertahan lama. Dia hanya menjabat presiden selama setahun sebelum digulingkan militer pada Juli 2013.

Morsi langsung ditahan ketika lengser. Dia masuk bui, dan organisasi pendukung Ikhwanul Muslimin juga dinyatakan terlarang di Mesir. Morsi mendapat dakwaan enam kasus berbeda.

Morsi dianggap bersalah atas pembunuhan demonstran pada 2012. Dia mendapat vonis penjara seumur hidup, lantaran juga terbukti sebagai mata-mata Qatar. (*)