Tutup Lebih Malam, Jam Operasional Minimarket di Purwakarta Disoal

Tutup Lebih Malam, Jam Operasional Minimarket di Purwakarta Disoal
INILAH, Purwakarta - Keberadaan mini market di Kabupaten Purwakarta, tumbuh dengan pesat bak jamur di musim hujan. Tak hanya di titik keramaian, pasar modern ini pun tumbuh subur hingga ke wilayah peloksok kabupaten tersebut.
 
Menjamurnya pasar modern ini, sontak menimbulkan keluhan tersendiri dari masyarakat. Apalagi, keberadaanya diangap akan menggerus perekonomian para pelaku usaha kecil dan pedagang tradisional di wilayah itu.
 
Tak hanya dianggap mengancam keberadaan para pedagang kecil, ternyata sejumlah mini market ini dinilai seenaknya. Terutamana dari sisi pemberlakukan jam operasionalnya.
 
Sejumlah elemen masyarakat di wilayah itu, belum lama ini menyoal terkait jam operasional mini market ini. Mereka menilai, sejumlah mini market telah melanggar aturan yang berlaku di wilayah itu soal jam operasional ini.
 
"Hasil penelusuran kami, beberapa gerai mini market kerap buka melebihi jam operasional yang berlaku," ujar Ketua Ormas Manggala Garuda Putih Kabupaten Purwakarta, Ramdan Juniar, Selasa (18/6/2019).
 
Dia menjelaskan, minimarket tersebut telah melanggar Perda No 14 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.
 
Atas dasar itu, pada Senin (kemarin) pihaknya telah melayangkan laporan kepada pemerintah setempat guna menindak lanjuti persoalan tersebut. Termasuk, ke jajaran Satpol PP setempat agar segera ada penindakan.
 
"Jika membandel, kami berharap pemerintah mengevaluasi izin usaha gerai tersebut," tegas dia.
 
Adapun mini market ini, kata dia, kebanyakan adalah Indomaret. Seperti yang terpantau di srkitar SPBU Usman, Jalan Ahmad Yani dan Ciseureuh.
 
"Kami kerap melihat, mereka buka melebihi pukul 22.00 WIB setiap harinya. Ini kan jelas melanggar aturan di Purwakarta," seloroh dia.
 
Untuk diketahui, Pasal 21 pada Perda Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, itu salah satunya mengatur soal jam operasional hypermarket, deptstore, dan supermarket.
 
Yakni, untuk hari Senin sampai Jumat, pasar modern ini buka dari mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Sedangkan, untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, tutup hingga pukul 23.00.
 
"Tapi, pada kenyataanya banyak di antaranya buka dari jam 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB lebih," tambah dia.
 
Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Aulia Pamungkas mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tersebut. Hari ini, jajarannya akan segera menindak lanjuti laporan tersebut.
 
"Kami akan segera terjunkan tim ke lokasi. Jika terbukti, kami akan tindak tegas," ujar Aulia.
 
Dia menjelaskan, sejauh ini sebenarnya pihaknya terus melakukan pengawasan mini market ini. Bahkan, ada beberapa mini market yang telah mendapat teguran.
 
"Ranah kami, hanya sebatas memberikan teguran tertulis. Jika 3 kali teguran kami tak diindahkan, terpaksa kami mengeluarkan rekomendasi ke dinas terkait supaya izin usaha mereka dievaluasi," pungkasnya. (Asep Mulyana)