Brasil vs Venezuela, Misi Lolos

Brasil vs Venezuela, Misi Lolos
Timnas Brasil dipastikan lolos ke perempatfinal Copa America andai menang melawan Venezuela. (Net)

INILAH, Fonte Nova- Brasil menjamu Venezuela dalam laga kedua di Arena Fonte Nova, Rabu (19/6) pagi WIB. Menang, maka Tim Samba lolos ke perempatfinal.

Brasil telah memulai kiprah di ajang Copa America dengan hasil manis. Mereka menang 3-0 melawan Bolivia pada laga pembuka beberapa hari lalu.

Kemenangan tersebut telah membuktikan kekuatan Brasil yang tak goyah meski tanpa sang megabintang Neymar. "Saya percaya setiap kali kami memperkuat tim nasional, kami mengenakan kaus ini, kami harus membuktikannya, terlepas dari apakah ada atau tidak ada Neymar di sini. Kami harus membuktikannya karena kami mewakili tim yang bersejarah, tim yang sangat dihormati di seluruh dunia," ujar bek sayap Dani Alves.

Hanya saja, performa Brasil bukannya tanpa cela. Mereka dinilai sedikit terlambat panas. Ketika melawan Bolivia, anak-anak asuh Tite langsung mendominasi pertandingan, tapi tak mampu mencetak gol di babak pertama. 

Brasil pun dicemooh oleh para suporternya. Serangan-serangan mereka baru membuahkan hasil di babak kedua. 
Philippe Coutinho membuka keunggulan Brasil lewat eksekusi penalti di menit 50, kemudian menggandakannya dengan gol yang dia cetak dari assist Roberto Firmino pada menit 53. Everton Soares menegaskan kemenangan Selecao dengan golnya di menit 85.

Pelatih Brasil Tite meminta anak-asuhnya tak terpengaruh dengan cemoohan fans. Dia memandang, situasi seperti itu lumrah terjadi di dunia sepak bola.

"Kami merasakannya (cemoohan). Para pemain muda merasakannya. Pelatih merasakannya. Saat berada di klub besar, ketika terkadang Anda tidak tampil apik, maka jangan berharap para penggemar akan memahami Anda. Mereka akan mencemooh,” ujar Tite.

Tite memaklumi, para fans tak sekadar menuntut kemenangan tetapi juga permainan indah dari timnya.

“Ketika Anda mengoper bola kembali ke belakang, dari fullback ke bek tengah, kemudian ke penjaga gawang, hal pertama yang kamu dengar adalah cemoohan. Kami perlu memahami itu. Jika kami maju dan menciptakan peluang, mereka akan bertepuk tangan,” tukasnya.

Sementara itu, Venezuela bermain imbang tanpa gol melawan Peru di laga pertamanya. Bermain dengan sepuluh orang sejak bek kiri Luis Del Pino mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 75, Venezuela masih mampu mengamankan satu angka.
Kiper Wuilker Farinez bermain gemilang dengan mementahkan lima peluang emas lawan. Maka bagi Brasil, di atas kertas, laga melawan Venezuela bakal lebih berat daripada laga melawan Bolivia. 

Ditopang pemain-pemain seperti kapten Tomas Rincon (Torino) dan nomor 10 Jefferson Savarino di lini tengah serta striker Salomon Rondon (Newcastle) di lini serang, Venezuela tak bisa diremehkan.

Venezuela pasti siap habis-habisan demi coba mencuri angka dari Brasil guna menjaga peluang lolos ke perempat final. Brasil harus tampil lebih baik daripada ketika mengalahkan Bolivia.

Barisan belakang Brasil perlu mewaspadai serangan balik Venezuela. Tak kalah penting, Selecao juga harus langsung coba menggebrak dari menit awal. Jika bisa mencetak gol di babak pertama, tak seperti melawan Bolivia, maka tekanan dari para suporter tuan rumah bakal hilang. Jalan menuju kemenangan pun akan terbuka.(bsf)

LIMA LAGA TERAKHIR BRASIL
15/06/19: Brasil 3-0 Bolivia
10/06/19: Brasil 7-0 Honduras
06/06/19: Brasil 2-0 Qatar
27/03/19: Rep Ceko 1-3 Brasil
24/03/19: Brasil 1-1 Panama

LIMA LAGA TERAKHIR VENEZUELA
16/06/19: Venezuela 0-0 Peru
10/06/19: AS 0-3 Venezuela
06/06/19: Meksiko 3-1 Venezuela
02/06/19: Venezuela 1-1 Ekuador
26/03/19: Catalonia 2-1 Venezuela

PRAKIRAAN PEMAIN
Brasil (4-2-3-1)
Alisson (GK) Luis, Silva, Marquinhos, Alves (B) Casemiro, Fernandinho (cdm) Neres, Coutinho, Richarlison (T) Firmino (D)
Pelatih: Tite

Venezuela (4-1-4-1)
Farinez (GK) Machis, Villanueva, Chancellor, Rosales (B) Moreno (cdm) Murillo, Rincon, Herrera, Savarino (T) Rondon (D)
Pelatih: Rafael Dudamel