Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Akan Lebih Cepat Rampung 

Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Akan Lebih Cepat Rampung 
Sekda Jabar Iwa Karniwa. (Humas Pemprov Jabar)

INILAH, Bandung-Dalam waktu yang lebih cepat kendala pembebasan lahan yang termasuk ke dalam tanah wakaf untuk proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat diselesaikan. Itu menyusul aturan baru mengenai pemangkasan birokrasi yang dikeluarkan Kementerian Agama untuk urusan pembebasan lahan di daerah.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, proses sebelumnya yang melibatkan pihak Kementrian Agama dan memakan waktu lama dapat dipersingkat melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama.

"Semula harus dengan (tandatangan) Menteri Agama, sekarang sudah ada deregulasi sehingga penyelesaiannya cukup dengan Kanwil," ujar Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019). 

Menurut dia, sebelum adanya aturan anyar ini sedikitnya memerlukan waktu satu hingga dua tahun untuk mengurus surat ganti rugi tanah wakaf. Namun dengan pemangkasan birokrasi tersebut, surat dapat rampung dalam waktu satu minggu.

"Dulu bisa satu sampai dua tahun mengurusnya, sekarang insyaallah apabila persyaratan lengkap, seminggu sudah bisa beres," jelasnya.

Kendati begitu, Iwa sampaikan, aturan ini bukan sekadar berlaku untuk proyek tol Cisumdawu saja. Tambah dia, proyek-proyek infrastruktur lainnya yang memiliki kepentingan pembebasan lahan pun akan dapat segera terselesaikan. 

"Ini memang bukan hanya untuk Cisumdawu, tapi juga 15 jalan tol lain yang terkait dengan pembebasan lahan," ungkapnya. (Rianto Nurdiansyah)