Morsi Dikebumikan di Kairo, Bukan di Kota Kelahirannya

Morsi Dikebumikan di Kairo, Bukan di Kota Kelahirannya
Ilustrasi (inilah.com)

INILAH, Kairo - Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi, kepala negara pertama yang dipilih secara demokratis di negara itu yang kemudian digulingkan dari kekuasaannya, telah dimakamkan pada hari Selasa (18/6/2019), sehari setelah jatuh di dalam gedung pengadilan Kairo.

Seorang anggota tim pengacara Morsi mengatakan para anggota keluarga menghadiri salat jenazah di masjid penjara Tora, diikuti oleh penguburan di sebuah makam di ibu kota distrik Nasr City, Kairo timur.

Putra Morsi, Ahmed, mengatakan bahwa badan-badan keamanan menolak untuk mengizinkan Morsi dimakamkan di pemakaman keluarga di kota kelahirannya di Provinsi Sharqia. Sebagai gantinya dia dikebumikan di pemakaman Kairo yang diperuntukkan khusus bagi para tokoh Islam terkemuka.

Para pejabat mengatakan, Morsi yang berusia 67 tahun baru saja berbicara di pengadilan Kairo itu dalam sidang atas tuduhan spionase ketika ia pingsan. Mereka mengatakan Morsi berbicara selama lima menit dari dalam kerangkeng dalam sidang itu dan beberapa menit kemudian dia jatuh ke lantai.

Televisi pemerintah mengatakan, Morsi dibawa ke rumah sakit, tetapi meninggal sesampai di sana karena serangan jantung.

Morsi, tokoh lama dalam kelompok Islam Ikhwanul Muslimin, digulingkan sebagai presiden pada 2013 oleh militer Mesir setelah massa memprotes pemerintahannya. (inilah.com)