Masa Hukuman Setnov Di Gunung Sindur Tergantung Perilakunya

Masa Hukuman Setnov Di Gunung Sindur Tergantung Perilakunya
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jabar, Liberti Sitinjak mengatakan lama masa hukuman Setya Novanto di Lapas Gunung Sindur tergantung dari perilaku selama berada di sana. (Agung Fitu Budiana)

INILAH, Bandung - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jabar, Liberti Sitinjak mengatakan lama masa hukuman Setya Novanto di Lapas Gunung Sindur tergantung dari perilaku selama berada di sana.

"Dari hasil penilaian tersebut, nantinya akan ditentukan penilaian lagi, dan skornya akan menentukan. Apakah harus di maksimum, medium, atau masuk lagi ke super maksimum," katanya di Kanwil Kemenkumham, Rabu (19/6/2019).

Pihaknya belum bisa menentukan waktu penilaian tersebut secara pasti kapan dilakukan, namun Liberti memastikan Setya Novanto tidak dapat menerima besukan selama satu bulan.

"Selama satu bulan dia tidak bisa menerima besukan, itu otomatis sesuai aturan disana," katanya.

Liberti juga mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari revitalisasi sistem pemasyarakatan yang mana perilaku adalah salah satu tolak ukur penilaian dalam menjalani masa hukuman.

Selain itu, dia juga mengklaim pemindahan Setya Novanto ke Lapas Gunung Sindur merupakan bentuk kebijakan tegas, karena kasus ini pertama kalinya saat dirinya menjabat.

Namun, menurut Liberti, pelanggaran Setnov sebelumnya yang berkeliaran di Rumah Makan RSPAD tidak masuk hitungan, karena masih berada di wilayah RSPAD.

"Saya berani jatakan ini peristiwa pertama sejak saya bertugas menjadi Kakanwil, makanya diambil tindakan tegas, tidak menunggu, ini pelanggaran berat, kita tindak," ucapnya.(Agung Fitu Budiana)