Mendayagunakan Wanita Disabilitas Netra Jadi Barista

Mendayagunakan Wanita Disabilitas Netra Jadi Barista

INILAH, Bandung - Pelatihan barista bagi penyandang disabilitas netra di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna yang dimulai maret 2019 lalu, saat ini para peserta sudah mulai belajar mengoperasikan alat-alat untuk membuat kopi.

Pada Rabu (19/6/2019), para peserta mempraktekkan cara membuat kopi dengan tajuk "Barista Experience Day" yang nantinya mereka akan mempunyai kemampuan menjadi seorang barista.

Perwakilan yang menangani kerjasama BRSPDSN Wyata Guna dengan Siloam Center For The Blind Korea sebagai penyelenggara kegiatan ini, Dewi Yuliawaty mengatakan pihak Siloam juga sudah merencanalan akan membuat cafe sebagai tempat bekerja para peserta ini.

"Dari awal Siloam akan merencanakan membuat cafe, jadi tidak hanya melahirkan output tetapi outcome juga, makanya Siloam akan menindaklanjutinya dengan membuatkan cafe tersebut," katanya di sela pelatihan, Rabu (19/6/2019).

Rencananya, pihak Siloam akan mendatangi Wyata Guna pada 15 sampai 17 Juli 2019 mendatang dengan tujuan untuk menambah ilmu lagi bagi instruktur dalam pelatihan ini.

"Kan kurikulumnya berdasarkan dari Siloam, jadi instruktur harus mengikuti, nanti Siloam akan ajarkan kembali materi baru, ilmu-ilmunya," ucap Dewi.

Selain itu, Siloam juga akan membicarakan tentang rencana pembanguna Cafe pada bulan Oktober, serta kelulusan peserta pelatihan Barista ini.

"Jadi nama project ini kan, mendayagunakan wanita dengan disabilitas netra, namun ada juga laki-laki yang ikut, karena mereka ini lebih rentan dibandingkan disabilitas lain, terutama untuk penghidupannya, ini sangat bermanfaat sekali untuk mereka agar kedepannya bisa mandiri dan punya penghidupan," ujar Dewi.(Agung Budiana)