Pemprov Jabar Genjot Atraksi di Geopark Ciletuh

Pemprov Jabar Genjot Atraksi di Geopark Ciletuh
Ilustrasi/Net

INILAH, Bandung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan memaksimalkan potensi Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. Tak terkecuali terkait atraksi wisatanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufiq mengatakan berbagai upaya akan dilakukan oleh pihaknya sebagai pengembangan kawasan Geopark Ciletuh.

"Kita bisa tematik ada beberapa atraksi yang bisa kita olah di sana," ujar Dedi Taufiq. 

Diketahui, atraksi wisata yang akan didorong meliputi kesenian, kebudaya, warisan sejarah, tradisi hingga kekayaan alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Meski demikian, dia katakan, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu sektor mana saja yang mesti diprioritaskan untuk menyiapkan masterplan penunjang objek wisata. 

"Dengan batasan Ciletuh itu 8 kecamatan, mana yang harus terbangun secara masterplannya, dari sisi ruangnya jangan semua juga di creat ada pembangunan ke sana," ucapnya.

Dia sampaikan, di Ciletuh terdapat tiga pendekatan yang mesti digodog, yaitu dari sisi geologinya, biologinya dan dari sisi kebudayaan. Menurut dia, destinasi wisata Geopark tentunya terdapat tiga unsur tersebut, dari mulai bebatuan tua yang notabene berjuta-juta tahun hingga secara biologi yang berkaitan ekosistem seperti tumbuh-tumbuhan.

"Kemudian juga culturenya, kebudayaan harus kita angkat di Sukabumi Selatan ini," ucapnya. 

Sebagai penunjang, pihaknya berencana mengembangkan homestay di Geopark Ciletuh. Dedi mengaku ingin menonjolkan pendekatan kebudayaan yang akan menjadi keunikan tersendiri.

"Mungkin home stay di sana. Kita akan kembangkan home stay di sana. Saya pikir kalau pendekatan kebudayaan harus ada keunikan ya harus seperti itu," katanya. 

Diketahui Geopark Ciletuh  telah diakui UNESCO sebagai Global Geopark berkat warisan geologi-nya yang luar biasa. Tentunya wisatawan akan dimanjakan dengan kekayaan alam yang berada di kawasan ini.  

Misalnya Pantai Ujung genteng, di mana dapat wisatawan dapat berenang, berjemur, atau menikmati sunset yang indah dengan pemandangan yang masih asri. Bilamana ingin berselancar, para wisatawan dapat memilih Pantai Cimaja. Selain itu, dapat pula bersantai di Pantai Palangpang. 

Adapun lokasi paling pas untuk bisa melihat keindahan pantai, hutan dan air terjun maka Puncak Darma adalah jawabannya. Atau sekadar ingin memandang sejumlah curug, tebing hingga hutan yang eksotis maka dapat pergi ke Puncak Tugu.

Selain itu, masih banyak pilihan destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang akan menawarkan kepuasan bagi siapapun yang menggemari panorama alam. (Rianto Nurdiansyah)