Ade Yasin: Promosi Kerajinan UKM Harus Berbasis Industri 4.0

Ade Yasin: Promosi Kerajinan UKM Harus Berbasis Industri 4.0
Bupati Bogor Ade Yasin usai melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bogor. (Reza Zurfwan)

INILAH, Cibinong-Usai melantik puluhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bogor periode 2018-2023, Bupati Bogor Ade Yasin menilai pentingnya berbagai promosi terkait potensi produk kerajinan di Bumi Tegar Beriman.

"Kerjasama promosi potensi produk kerajinan selain harus bersinergi antara pengurus Dekranasda dengan Pemkab Bogor juga harus mengoptimalkan atau berbasis industri 4.0," kata Ade kepada wartawah, Kamis (20/6/2019).

Kepada pengrajin kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) ia juga meminta agar terus berinovasi dan promosinya tidak ketergantungan kepada kegiatan-kegiatan pemerintah daerah.

"Dengan sinergitas Dekranasda dengan Pemkab Bogor kedepan pengrajin UKM harus bisa mandiri dalam mengangkat dan mempromosikan kerajinan daerah Kabupaten Bogor," pintanya.

Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, Ketua DPW PPP Provinsi Jawa Barat ini berharap Dekranasda terus melakukan pembinaan pemberdayaan perempuan khususnya ibu rumah tangga demi terciptanya ketahanan keluarga.

"Kaum ibu yang menjadi pengrajin maupun pelaku kerajinan UKM ini tentunya membantu tugas suaminya hingga ketahanan keluarganya semakin baik dan bisa mengurangi resiko angka perceraian," harap Ade Yasin.

Ia melanjutkan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait sudah meminta kepada pengelola mall atau bisnis untuk menyediakan pojok UKM sebagai etalase kerajinan wilayah setempat.

Ketua harian Dekranasda Provinsi Jawa Barat Muhamad Arifin menuturkan bahwa melihat unsur kepengurusan Dekramasda KabupatenBogor sudah cukup bagus dan seimbang.

"Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Istri Wakil Bupati Bogor sudah sesuai arahan karena Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilibatkan itu hanya ex officio sementara posisi penting lainnya diisi oleh swasta dan unsur lainnya," tutur Arifin.

Ia menambahkan Dekranasda harus menjadi wadah pengrajin lembaga independen, nirlaba dan mitra pemerintah yang bisa mengangkat kerajinan khas Kabupaten Bogor yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya.

 "Saya belum melihat kerajjnan khas Kabupaten Bogor bahkan Jawa Barat, walaupun kami pernah menyembarakan ciri khas Jawa Barat karena Gubernur Ridwan Kamil belum menentukan siapa pemenang sayembaranya," tambahnya. (Reza Zurifwan)

Loading...