Bandung Akan Perbanyak Kolam Retensi 

Bandung Akan Perbanyak Kolam Retensi 
Wali Kota Bandung Oded M Danial mencoba menggunakan mesin pengeruk tanah. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) membuat kolam retensi di Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, pada Kamis (20/6/2019).

Dalam acara ini hadir Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga Kepala Dinas PU Didi Ruswandi.

Sebelum acara dimulai, Yana terlebih dahulu mencoba alat pengeruk tanah atau beko. Beberapa tanah yang diangkut cukup banyak. Tak lama kemudian, Wali Kota Bandung mengikuti kerukan tanah serta didampingi oleh ahlinya.

"Ini salah satu upaya kita memperbanyak kolam retensi, untuk menampung air hujan, air yang dari atas, kita mencoba terus membuat kolam retensi. Namanya Wetland," ujar Oded kepada wartawan di Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung pada Kamis (20/6/2019).

Dia mengatakan, di samping kolam retensi, pihaknya juga akan membuat tempat wisata dan juga membuat edukasi untuk olahraga untuk masyarakat. Hal ini membuat warga Cisurupan, Kecamatan Cibiru, bisa berwisata bersama keluarga.

"Semoga Wetland ini berjalan dengan baik tidak ada hambatan apapun. Doakan saja," ungkapnya.

Oded menambahkan, Wetland dilaksanakan dengan konsep swakelola. Jika potensi-potensi tanah lokasi yang seperti ini baik, maka pihaknya akan membuat di Cidadap Kota Bandung seluas 3,9 hektare.

Sementara untuk anggaran, mereka memanfaatkan bahan yang ada atau ready stock. Mudah-mudahan dua bulan sudah selesai.

"Mudah-mudahan air di Kota Bandung semakin banyak, dan menjadi bagian dari upaya kita dalam menghadirkan upaya meminimalisasi banjir dan juga memberikan suplai air lebih banyak lagi," tambahnya. (Okky Adiana)