Sammolnas Lengkapi Samsat J'Bret

Sammolnas Lengkapi Samsat J'Bret
Ilustrasi/Inilahkoran

INILAH, Bandung- Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Jawa Barat, Hening Widiatmoko menilai Samsat Online Nasional (Samolnas) dapat melengkapi program yang telah digagas oleh pihaknya. Diketahui, Pemerintah Provinsi Jabar pun telah memberlakukan program Samsat Jawa Barat Ngabret (J'bret).

Hening katakan, dengan demikian pihaknya siap memberlakukan Samolnas di Jabar. 

"Ini bisa melengkapi Samsat J'bret atau Jawa Barat Ngabret yang sudah di laksanakan di Jabar," ujar Hening,  Senin (24/6).

Dia mengaku, sejak 2014 lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar telah memberlakukan e-Samsat dan berbagai pengembangan sudah dilakukan oleh pihaknya, sehingga Samsat J'bret  memudahkan semua wajib pajak membayar pajak tanpa harus bertemu muka. 

"Samsat J'bret sudah menunjukkan dalam 6 bulan satu lonjakan pendapatan dan minat. Yakni, sekitar 200 ribu wajib pajak yang sudah melakukan transaksi bayar pajak lewat online gerai modern, lewat fintech dan PPOB," papar Hening.

Menurut dia, dengan adanya Samolnas maka akan lebih memudahkan masyarakat karena yang berkaitan dengan lintas provinsi akan menjadi terwadahi atau diberikan kesempatan untuk diselesaikan dan ada solusi yang komperhensif. 

"Jadi, ke 34 provinsi semua Samsat terhubung. Walaupun secara bertahap karena tak semua provinsi siap dengan sistem informasi ini," katanya

Dengan keberhasilan yang sudah ditunjukan Jabar setelah mengaplikasikan inovasi tersebut, menurut dia, maka bila lingkupnya telah menjadi nasional tentu akan lebih optimal.

"Ini kan nanti terintegrasi secara nasional.  Sistem kami membuka konektivitas dengan Samolnas," pungkasnya. (Riantonurdiansyah)