600 Bangli Sepanjang Stasiun Cilebut-Citayam Akan Dibongkar

600 Bangli Sepanjang Stasiun Cilebut-Citayam Akan Dibongkar
Foto: INILAH/Reza Zurifwan

INILAH, Sukaraja – Satpol PP Kabupaten Bogor akan membongkar 600 bangunan liar (bangli) mulai dari Stasiun Cilebut, Sukaraja, hingga Stasiun Citayam, Bojonggede. Sebelumnya ada 80 bangli di Jalan Raya Kandang Roda Sentul-Nanggewer, Cibinong, yang dibongkar petugas.

Para penegak Peraturan Daerah (Perda) ini mendapatkan rekomendasi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Dinas Pengairan Sumber Daya Air (DPSDA) Jawa Barat.

"Kami sudah melakukan pendataan bangli mulai Stasiun Cilebut hingga Stasiun Citayam. Ada 600 bangli yang akan dibongkar berdasarkan rekomendasi PT KAI dan DPSDA Jawa Barat," ucap Kabid Tibum Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Dia menerangkan, waktu pembongkaran masih menunggu instruksi Bupati Bogor Ade Yasin dan kesiapan dana pembongkaran.

"Perintah pembongkaran dari Bupati Bogor, sementara dana pembongkaran dari PT KAI dan DPSDA Jawa Barat karena mereka akan memanfaatkan lahan yang saat ini dikuasai masyarakat," jelasnya.

Kasie Dalops Satpol PP Hendrick Desmond optimistis pembongkaran bangli tidak lagi bersengketa dengan masyarakat yang mendudukinya, seperti pembongkaran sebelumnya di Bojonggede, Kamis (30/11/2017) lalu.

"Tanah yang dikuasai masyarakat milik PT KAI dan DPSDA Jawa Barat. Kalau yang di Bojonggede, Pemkab Bogor mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Bandung karena bukti  riwayat tanah atau surat  kepemilikan tanah yang diklaim warga meragukan," tuturnya. (Reza Zurifwan)