Pariwisata Purwakarta Maju Pesat, Tapi Mana Hotel Berbintangnya?

Pariwisata Purwakarta Maju Pesat, Tapi Mana Hotel Berbintangnya?

INILAH, Purwakarta – Tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta, sejauh ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tapi, mana hotel berbintangnya?

Dalam tataran kunjungan wisatawan, Purwakarta sudah bisa bersaing dengan daerah lain di Jawa Barat. Bahkan, beberapa waktu lalu sektor pariwisata di wilayah ini menjadi penyumbang terbesar ketiga dari target kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Pemkab Purwakarta pun mengklaim, sepanjang 2018 lebih dari 2,5 juta wisatawan berkunjung ke wilayah ini. Dengan kata lain, jumlah wisatawan telah mencapai 100 % dari target yang telah ditetapkan, yakni 2,5 juta pengunjung.

Namun sayang, meningkatnya jumlah kunjungan ini tak dibarengi dukungan fasilitas pariwisata yang memadai sebagai penunjang. Misalnya, masih minimnya keberadaan hotel berbintang dan penginapan di wilayah itu.

Dengan kata lain, sampai saat ini di wilayah tersebut masih kekurangan hotel berbintang sebagai penunjang pariwisata. Alhasil, selama ini wisatawan yang datang, kebanyakan hanya melintas saja atau tidak sempat singgah sejenak di wilayah tersebut.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengakui kondisi tersebut. Memang, kata dia, saat ini jumlah hotel berbintang di wilayahnya masih belum memadai untuk menunjang sektor wisata. Padahal, menurutnya, keberadaan hotel ini bisa sangat bersinergi dan mendukung sektor pariwisata yang digaungkan di wilayahnya.

“Tingkat kunjungan wisatawan, sejauh ini memang cukup bagus. Tapi permasalahnya, kita kekurangan hotel berbintang,” ujar Anne kepada INILAH, baru-baru ini. (asep mulyana)