Nah...Sudah Ada yang Siap Bangun Hotel Berbintang Sekitar Situ Buleud

Nah...Sudah Ada yang Siap Bangun Hotel Berbintang Sekitar Situ Buleud

INILAH, Purwakarta – Mencuatnya pertanyaan soal fasilitas penginapan sebagai penunjang pariwisata di Purwakarta, dijawab langsung Bupati Anne Ratna Mustika. Dia bilang, bakal berdiri hotel berbintang di sekitar Situ Buleud.

Anne Ratna Mustika menjelaskan, saat ini pihaknya membuka peluang bagi investor yang ingin menanamkan modal di wilayahnya. Sejauh ini, sudah ada satu investor yang sudah siap untuk mengembangkan perhotelan.

“Sudah ada satu investor yang siap. Untuk lokasinya, nanti di sekitar Situ Buleud. Ke depan, di sekitar pusat kota akan dibangun satu hotel bintang empat,” jelas dia di Purwakarta.

Anne menjelaskan, selama ini Purwakarta memiliki tempat wisata unggulan yang lokasinya di pusat kota. Yakni, Taman Sribaduga (Situ Buleud). Di lokasi wisata ini, ada suguhan menarik berupa pertunjukan air mancur menari.

Dalam tataran kunjungan wisatawan, Purwakarta sudah bisa bersaing dengan daerah lain di Jawa Barat. Bahkan, beberapa waktu lalu sektor pariwisata di wilayah ini menjadi penyumbang terbesar ketiga dari target kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Pemkab Purwakarta pun mengklaim, sepanjang 2018 lebih dari 2,5 juta wisatawan berkunjung ke wilayah ini. Dengan kata lain, jumlah wisatawan telah mencapai 100 % dari target yang telah ditetapkan, yakni 2,5 juta pengunjung.

Namun sayang, meningkatnya jumlah kunjungan ini tak dibarengi dukungan fasilitas pariwisata yang memadai sebagai penunjang. Misalnya, masih minimnya keberadaan hotel berbintang dan penginapan di wilayah itu.

Sampai saat ini di wilayah tersebut masih kekurangan hotel berbintang sebagai penunjang pariwisata. Alhasil, selama ini wisatawan yang datang, kebanyakan hanya melintas saja atau tidak sempat singgah sejenak di wilayah tersebut. (asep mulyana)