Karena Android, Gates Merasa Kalah dari Google

Karena Android, Gates Merasa Kalah dari Google
Foto: Net

INILAH, Washington - Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates mengatakan membiarkan platform Android Google menjadi dominan adalah "kesalahan terbesar" di perusahaan.

Sistem operasi desktop Windows telah menjadi bagian inti dari Microsoft melalui banyak dari 44 tahun sejarahnya. Tetapi Microsoft telah gagal memenangkan posisi kepemimpinan dalam sistem operasi mobile.

Itu tertinggal di belakang Alphabet's Google, dan Apple. Di Microsoft hari ini, Windows tetap menjadi kontributor pendapatan dan laba, tetapi Microsoft telah bergerak untuk lebih fokus pada infrastruktur dan aplikasi cloud, yang pada dasarnya menghentikan bisnis platform mobile.

Gates membuat komentar pada hari Senin (24/6/2019), berbicara di makan siang Economic Club of Washington, seperti mengutip cnbc.com.

"Kami di bidang melakukan sistem operasi untuk komputer pribadi. Kami tahu telepon seluler akan sangat populer, jadi kami melakukan apa yang disebut Windows Mobile. Kami merindukan menjadi sistem operasi seluler yang dominan dengan jumlah yang sangat kecil. Kami terganggu selama persidangan antimonopoli kami," katanya.

"Kami tidak menugaskan orang-orang terbaik untuk melakukan pekerjaan itu. Jadi itu kesalahan terbesar yang saya buat dalam hal sesuatu yang jelas-jelas ada dalam keahlian kami. Kami jelas perusahaan yang seharusnya mencapai itu, dan kami tidak melakukannya. Kami membiarkan desain Motorola ini menang, dan karenanya momentum perangkat lunak untuk Android, sehingga menjadi sistem operasi ponsel non-Apple yang dominan secara global."

Pada saat komputasi bergerak meningkat, CEO Microsoft adalah Steve Ballmer, bukan Gates. Namun Gates masih dalam beberapa inisiatif di Microsoft, memegang gelar Chief Software Architect dari tahun 2001 hingga 2008 dan Ketua Dewan hingga 2014.

Kasus antimonopoli "mungkin mempercepat pensiun saya lima atau enam tahun, yang, secara keseluruhan bagi saya, mungkin adalah hal yang baik," kata Gates. Dia mengatakan bahwa di tahun-tahun awal Microsoft, dia membual tentang tidak memiliki kantor di Washington D.C., dan sejak itu dia menyesal karena melakukan itu.

Komentar Gates yang mengajukan kasus antitrust dari Departemen Kehakiman AS juga datang setelah laporan tentang bagaimana regulator federal dapat mengubah pendekatan mereka untuk melihat perusahaan teknologi besar, termasuk Google.

Sebelumnya pada tahun itu Senator Elizabeth Warren menunjuk kasus Microsoft sebagai bagian dari argumen bahwa pemerintah harus berusaha memecah perusahaan-perusahaan teknologi besar. (INILAHCOM)

Loading...