Damkar Cianjur: Sehari Terjadi 3 Kebakaran

Damkar Cianjur: Sehari Terjadi 3 Kebakaran
Ilustrasi/Dok Inilahkoran

INILAH, Cianjur- Pemadam Kebakaran Kota Cianju  mencatat dalam satu hari, yakni pada Selasa (25/6/2019), tiga peristiwa kebakaran terjadi. Warga pun diimbau menyiapkan antisipasi.

Komandan Regu (Danru) 2 Unit Pemadam Kebakaran Kota Cianjur, Hendra Gunawan di Cianjur Selasa, mengatakan tiga peristiwa terjadi Kecamatan Cianjur, Karangtengah dan Cilaku yang menimpa rumah pribadi milik warga.

"Satu orang meninggal dunia dalam kebakaran ruko di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Muka. Sedangkan di dua lokasi lainnya hanya kerugian materi yang diduga akibat aru spendek listrik," katanya.

Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi dalam satu hari itu, nyaris bersamaan, seperti yang menimpa rumah pribadi di Kampung Cihampelas, Desa Cibinonghilir, Kecamatan Cilaku.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun petugas mencatat kerugian materil akibat arus pendek listrik mencapai Rp80 juta.

"Lokasi ketiga di area pergudangan Rawabango, Desa Bojong, sebuah gudang penyimpangan kasur lantai terbakar diduga akibat arus pendek listrik. Kejadiannya hampir bersamaan antara lokasi pertama sampai ketiga," katanya.

Meskipun lokasinya tidak terlalu jauh, tutur dia, sempat menyulitkan pihaknya karena harus membagi petugas termasuk kendaraan pemadam yang jumlahnya belum maksimal.

"Untuk yang di ruko itu pukul 04.30 WIB, kemudian di Cibinonghilir pada pukul 08.00 WIB, terakhir di Rawabango ekitar pukul 09.30 WIB. Petugas harus dibagi-bagi agar semua dapat ditangani," katanya.

Seiring meningkatkan laporan kebakaran, tambah dia, pihaknya mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan terutama memasuki musim kemarau untuk tidak membakar lahan perkebunan dan area hutan.

Kasatpol PP dan Damkar Cianjur, Muzani Saleh, mengatakan kejadian kebakaran lahan setiap memasuki musim kemarau selalu mengalami peningkatan karena banyak lahan ilalang kering yang mudah terbakar akibat faktor cuaca panas dan faktor kelalaian manusia.

"Saat ini sudah memasuki musim kemarau, untuk mengurangi terjadinya kebakaran lahan dan area hutan, kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan sosialisasi dan monitoring di masing-masing wilayah," katanya.

Loading...