Di Bogor, Guru Jadi Agen Promosi Parawisata Daerah

Di Bogor, Guru Jadi Agen Promosi Parawisata Daerah
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Usulan Kementerian Pariwisata yang menilai guru bisa menjadi
agen promosi pariwisata daerah langsung dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor.

Deni Jumhartini selaku Kasie Kemitraan dan Hubungan Antar Lembaga Disbudpar Kabupaten Bogor mengaku akan mengundang 25 guru ataupun kepala sekolah tingkat SMP untuk dijadikan agen promosi parawisata daerah.

"Besok di Hotel Lorin Sentul untuk pertama kalinya kami menjadikan guru ataupun kepala sekolah tingkat SMP menjadi agen promosi dan ikut memaksimalkan potensi parawisata daerah," ujar Reni kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Wanita asal Sumatera Barat ini menerangkan kepada para guru dan kepala sekolah jajarannya akan memaparkan objek wisata favorit Kabupaten Bogor yang kerap dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Disbudpar bersama Perhutani akan memaparkan objek wisata favorit seperti Pabangbon, Curug Cipamingkis, Curug Bidadari, villa khayangan, Geopark Pongkor, Gunung Mas Puncak dan lainnya. Ketimbang berwisata ke luar daerah kami menyarankan mereka lebih baik ke daerah sendiri yang sama bagusnya dibanding objek wisata luar daerah tersebut," terangnya.

Khusus Villa Khayangan yang berlokasi di Desa Warga Jaya Kecamatan Sukamakmur Reni menjelaskan bahwa penginapan tersebut sudaj seperti resort bintang 4 plus dilengkapi spot foto selfie yang instagramable.

"Berada di lereng perbukitan dengan luas tak lebih dari 2 hektar, Villa Khayangan yang dekat dengan Curug Cipamingkis telah menjadi idola baru wisatawan nusantara maupun mancanegara karena selain 'menjual' penginapan, mereka juga menyediakan belasan titik spot foto yang berlatar belakang  pegunungan, beberapa titik spot foto yang digemari wisatawan adalah sayap malaikat, perahu Nabi Nuh, bersepeda di atas awan, ayunan raksasa, bingkai foto, taman cinta dan lainnya," jelas Reni.

Terpisah, Kabid Pengembangan SDM Kepariwisataan dan Sertifikasi Kompetensi Kementerian Pariwisata Reza Rahmana Kaloka daerah yang memiliki destinasi wisata yang sudah sangat populer harus selalu memiliki SDM pariwisata yang profesional untuk terus mempromosikan dan peran guru dinilai potensial untuk itu.

"Guru juga bisa memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata yang selanjutnya diharapkan dapat menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya masing-masing," kata Reza.

Selanjutnya insan guru juga diharapkan dapat memahami alur proses dan bisnis pariwisata serta mempunyai pengetahuan yang khusus dan paham dengan jelas mengenai suatu tempat atau obyek wisata sehingga dapat menerangkan lebih detil kepada wisatawan baik itu wisatawan Nusantara ataupun mancanegara. (Reza Zurifwan)

Loading...